Akhir-akhir ini sering vertigo, bagaimana cara mengatasinya?

UW Info Penanya: UW, Pria
Selamat sore dok, saya umur 36 th, akhir2 ini saya sering terkena vertigo, sudah berobat ke puskesmas, dikasih betahistin. Tapi masih sering kambuh. Harus ke dokter spesials ap saya konsul dok, dan cara ap agar tidak sering kambuh. Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, U

Vertigo bisa disebabkan dari gangguan sentral (otak) atau gangguan perifer (telinga). Apakah Anda merasakan pusing berputar atau lingkungan sekitar Anda juga berputar? Apakah ada keluhan mual atau muntah. Apakah ada keluhan gangguan pendengaran atau telinga berdenging? Beberapa hal yang perlu Anda sampaikan kepada Dokter. Kemungkinan Anda perlu konsul ke Dokter Spesialis Saraf atau Dokter Spesialis THT. Lengkapnya ada di artikel Mengenal Berbagai Penyebab Vertigo, Mulai dari Gangguan Telinga Hingga Stroke.

Faktor pencernaan juga kadang bisa memicu pusing Anda. Perut mual dan kembung bisa menjadi pusing yang berputar. Oleh karena itu jaga makanan Anda jangan terlalu pedas, asam atau berminyak. Hindari merokok, kopi atau alkohol agar pencernaan Anda tidak terganggu.

Saat terjadi gejala vertigo, coba cari tempat sunyi dan gelap. Bila terjadi saat beraktivitas coba gerakan kepala dengan perlahan. Saat kambuh jangan berjalan karena bisa jatuh, duduk dan diam sebentar. Tenangkan diri Anda dan rileks, karena bila Anda stres dan gelisah malah bisa menambah gejala vertigo. Semoga tipsnya membantu.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pusing yang dialami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang dikonsumsi.

Ternyata Pusing Bisa Disebabkan Obat dan Alergi, Ini Alasannya

Seringkali Anda mengalami pusing tanpa mengetahui penyebabnya. Tanpa disadari, penyebab pusing yang Anda alami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang Anda konsumsi.