07 May 2021, 04:00Kandungan

Apa penyebab keluar air saat hamil, ketuban rembes ?

IS
Info Penanya: IS0
Dokter, usia khmilan sy 6 bln 10 hr, pagi ini sktar jm 2 pagi seperti ngompol. Sesak kencing. Gmn dkter?
203 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, I.Mengandung anak terutama kehamilan pertama yang belum memiliki pengalaman sebelumnya membuat rasa takut dan cemas lebih tinggi, terlebih muncul keluhan seperti keluar darah atau air dari jalan lahir.

Apa yang menyebabkan keluar air saat hamil usia 6 bulan ?

Keluar air yang Anda alami saat hamil usia 6 bulan 10 hari seperti mengompol dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Air ketuban yang rembes dari jalan lahir dengan konsistensi cair, dalam jumlah banyak, tidak dapat ditahan seperti kencing, bercampur darah atau lendir. Rembes karena pecahnya ketuban normal terjadi saat menjelang persalinan. Namun ketuban dapat pecah sebelum waktunya karena benturan, terjatuh, jumlah ketuban sangat banyak, infeksi di rahim, lemahnya mulut rahim.
  • Cairan vagina akibat hubungan seksual, perubahan hormon, infeksi saluran kemih karena bakteri maupun jamur, kebersihan vagina yang tidak dijaga dengan baik. Cairan vagina terlihat lebih kental, dapat disertai gatal dan bau.
Anda dapat memastikan air yang keluar dari vagina merupakan cairan ketuban atau cairan vagina dengan pemeriksaan kertas lakmus, spekulum, dan USG di dokter kandungan.Jaga kebersihan vagina, ganti pakaian dalam lebih sering, cuci dan keringkan vagina setelah berhubungan, hindari duduk terlalu lama dan hindari mengangkat beban serta istirahat selama cairan keluar.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilankesehatan kandunganmasalah kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil