Air mawar untuk perwatan wajah, efektifkah?

CC Info Penanya: CC, Wanita, 20 Tahun
Hai dok, akhir-akhir ini saya sering melihat banyak teman wanita yang menggunakan air mawar sebagai skincare sehari-hari. Apakah produknya aman untuk digunakan sehari-hari?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Air mawar merupakan salah satu produk bersumber bahan alami yang telah banyak dikenal sebagai produk perawatan kecantikan. Khasiatnya diklaim baik untuk wajah dan bagian kulit tubuh lainnya. Berkisar dari iritasi ringan pada kulit hingga mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah.

Air mawar diekstrak dengan penyulingan menggunakan teknologi uap dari bahan kelopak bunga mawar dan air murni. Selain digunakan sebagai produk kecantikan, air mawar juga dijadikan bahan dasar parfum karena aromanya yang khas dan disukai banyak orang.

Manfaat dari air mawar berasal dari zat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Zat antioksidan ini dapat membantu mengatasi radang pada kulit, dapat mencegah kerusakan dan melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, polusi udara, radiasi, serta mencegah efek penuaan dini.

Berikut beberapa manfaat air mawar yang lebih spesifik, diantaranya adalah :

  • mengatasi jerawat
  • mengatasi iritasi dan peradangan
  • sebagai zat anti penuaan
  • mempercepat penyembuhan luka gores dan luka bakar
  • mengecilkan pori-pori
  • sebagai bahan aromaterapi yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi gejala nyeri kepala

Air mawar umumnya dapat digunakan pada berbagai jenis kulit, dan relatif aman karena berasal dari bahan yang alami. Namun pada jenis kulit sensitif dan memiliki kecenderungan alergi, perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan air mawar.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal namun tetap aman, hendaknya Anda melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada seluruh wajah dengan meneteskan air mawar pada lengan yang didiamkan selama 24 jam. Jika tidak timbul reaksi apapun maka kemungkinan air mawar aman untuk kulit Anda.

Jika ada rekasi yang timbul segera hentikan dan berkonsultasilah kepada dokter Spesialis Kulit.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat buang mawar cukup beragam, mulai dari menyehatkan pencernaan hingga mempercantik kulit

Dari Mata hingga Demensia, Ini Manfaat Besar Si Bunga Mawar

Manfaat bunga mawar bukan hanya pelengkap bunga tujuh rupa, namun juga menyehatkan pencernaan hingga mempercantik kulit Anda.