Air mani warna bening dan kental dari vagina apakah normal

SD Info Penanya: SD, Wanita, 2019 Tahun
Ass dok sya ingin nanya kalo air mani warna nya bening dan kental yg kluar dari vagina perempuan apakah normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SD,

Keluarnya air mani warna bening dan kental dari vagina atau lendir servik merupakan hal yang normal. Keluarnya lendir serviks ini juga dikenal dengan istilah keputihan normal. Lendir serviks ini bisa merupakan mekanisme alami tubuh untuk membersihkan sel-sel mati di dalam kelamin wanita dan juga menjadi tanda alami jika sedang memasuki masa subur atau saat terjadinya ovulasi.

Jika keluarnya lendir ini disertai perubahan warna, perubahan konsistensi dalam jumlah yang banyak, disertai gejala lain seperti aroma yang khas, nyeri saat berkemih, rasa gatal pada vagina, atau nyeri perut maka perlu diwaspadai adanya keputihan yang tidak normal yang bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, ataupun penyakit menular seksual.

Jaga kesehatan dan kebersihan organ intim dengan tidak mencuci menggunakan sabun khusus yang bisa membuat ketidaknormalan pada area vagina, hindari menggunakan pembalut yang mengandung parfum, basuh kemaluan dari arah depan menuju anus jika selesai buang air untuk menghindari kontaminasi dari daerah anus dan juga rutin mengganti pakaian dan pakaian dalam. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan saat hamil muda yang abnormal juga bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Keputihan atau vaginal discharge adalah gangguan yang dapat dialami wanita saat hamil muda. Keputihan normal biasanya berwarna bening atau putih susu, encer, dan tidak berbau tajam. Jika keputihan berwarna kuning dan berbau busuk, waspadai infeksi jamur atau penyakit menular seksual.