air ludah kental dan membuat mual muntah

SX Info Penanya: SX, Pria, 30 Tahun
dok, saya mau tanya. kenapa air ludah sering kental di tenggorokan? sehingga membuat mual dan muntah. terlebih usai makan makanan. jadi sering kali ludah di tenggorokan itu keluar dan rasanya kental di dalam. bagaimana pula solusinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SX,

Ludah yang kental dapat merupakan gejala yang timbul akibat beberapa kemungkinan penyebab, salah satunya adalah keluhan gangguan pencernaan seperti penyakit asam lambung atau GERD, tukak lambung, maag, masalah saluran pernapasan, reaksi alergi dan lainnya.

Pada GERD dan tukak lambung sering kali bisa disertai gejala seperti:

  • Nyeri ulu hati
  • Dada terasa terbakar
  • Mual dan muntah
  • Rasa tidak nyaman di tenggorokan terutama setelah makan
  • Regurgitasi atau rasa tidak nyaman ketika asam lambung naik atau ada rasa pahit setelah makan di mulut dan tenggorokan
  • Nyeri menelan
  • Bau napas yang kurang enak
  • Batuk

Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa upaya seperti mengonsumsi obat untuk meredakan asam lambung salah satunya obat antasida yang dapat dikonsumsi 3 kali sehari sebelum makan, makan lebih sering dengan porsi yang kecil-kecil saja, hindari makanan yang bisa mengiritasi lambung seperti makanan asam, pedas, santan, ataupun minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, hindari juga beban pikiran, stres ataupun cemas.

Bisa coba mengonsumsi beberapa makanan yang baik untuk pencernaan seperti sayur dan buah, upayakan buah yang tidak asam, mengonsumsi jahe baik air jahe atau tambahkan jahe sebagai bahan masakan, mengonsumsi makanan yang rendah lemak. Jika keluhan tidak juga membaik bisa periksakan diri pada dokter ataupun dokter spesialis penyakit dalam agar dipastikan kondisinya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat sakit dada ada beragam, dari medis hingga alami atau herbal

Jenis Obat Sakit Dada Alami dan Medis yang Aman Dicoba

Ada banyak cara mengobati sakit dada yang bisa Anda coba. Namun ingat, pengobatan harus sesuaikan dengan penyebabnya.