Air kencing berwarna ungu kemerahan

A Info Penanya: A
Dok saya mau Tanya ,tadi sehabis sahur saya rada kurang enak sm perut saya ,Terasa melilit gitu,terus pas saya buang air kencing warnanya ungu kemerahan gitu,kenapa ya dok? Makasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A.

Warna urine merupakan salah satu tanda yang dapat dijadikan indikator kesehatan. Warna urine sendiri dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti jumalah konsumsi air, konsumsi makanan, konsumsi obat tertentu hingga suatu kondisi medis dan penyakit tertentu.

Secara normal, warna urine berada pada rentang jernih hingga kuning muda. Urokrom adalah zat yang bertanggung jawab dalam memberikan pigmen kepada urine. Rentang pada urine normal umumnya dipengaruhi oleh jumlah konsumsi air putih perharinya. Semakin banyak konsumsi air putih, maka warna urine akan semakin jernih.

Terkait dengan pertanyaan Anda, warna urine yang ungu kemerahan dapat terjadi karena beberapa faktor yang meliputi konsumsi buah yang mempunyai pigmen warna magenta, seperti buah naga, buah bit, atau bluberi. Adapun kemungkinan penyebab lainnya berupa riwayat konsumsi obat tertentu seperti antibiotik rifampisin pada penyakit tuberkulosis dan konsumsi obat pencahar yang memiliki kandungan senna.

Jika Anda tidak merasa mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan obat yang telah dipaparkan diatas, kemungkinan lainnya adalah kondisi medis dan penyakit seperti batu ginjal dan saluran kemih, adanya tumor hingga gangguan pada prostat. Pada dasarnya warna urine berwarna kemerahan yang disebabkan oleh penyakit didapat dari darah yang dikeluarkan atau merembes ke urine. Keadaan urine disertai darah tersebut dikenal dengan hematuria.

Jika keluhan berlanjut selama beberapa hari kedepan, tanpa adanya riwayat konsumsi makanan dan obat-obatan tertentu, dan disertai gejala liannya seperti demam, nyeri pinggang, mula muntah dan lainnya, periksakanlah diri Anda ke dokter Spesialis Urologi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ureter dan uretra adalah bagian dari sistem kemih dan sistem reproduksi manusia

Meski namanya Mirip, Fungsi Uretra dan Ureter Ternyata Berbeda

Ureter dan uretra adalah bagian dari sistem kemih dan sistem reproduksi manusia. Meskipun namanya mirip, namun fungsi uretra dan ureter ternyata berbeda.