18 Jan 2021, 20:54Penyakit Lainnya

Air kencing berwarna merah muda dan sakit pinggang sebelah kanan apa penyebabnya?

NR
Info Penanya: NR, Pria, 21 Tahun
Halo dok, saya mau bertanya kalau air kencing berwarna sedikit merah pink dan pinggang kanan sakit? Sebelumnya kemarin itu saya terus terusan buang air kecil setiap minum air dingin normal bukan air es, emang rada banyak juga minum, tapi kaya yang beser terus terusan kencing, nggak bisa ditahan tapi besoknya air kencing berwarna merah muda dan sakit pinggang kanan, kira kira kenapa ya dok? Terimakasih Saya laki2 berumur 22 tahun
299 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang NRAir kencing yang berwarna merah muda bisa dipengaruhi oleh makanan yang dimakan seperti setelah mengkonsumsi buah naga atau bisa karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Tetapi kencing berwarna merah muda dapat menjadi tanda dari suatu kondisi serius pada saluran kemih.

Penyebab kencing merah muda disertai sakit pinggang

Rasa nyeri pada pinggang kanan di sertai dengan air kencing yang berwarna merah muda bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih yang mengenai saluran kemih bagian atas. Gejala bisa disertai nyeri saat BAK, sering BAK, rasa panas, rasa tidak tuntas dan demam. Rasa nyeri pada pinggang kanan di sertai dengan air kencing yang berwarna merah muda juga bisa disebabkan adanya batu pada saluran kemih. Batu ini bisa ada di bagian mana saja pada saluran kemih baik di ginjal, uretra, kandung kemih atau ureter. Batu dapat berukuran besar atau kecil dan dapat menyebabkan luka pada dinding saluran kemih yang di laluinya.Kedua hal ini bisa dipicu karena kurangnya menjaga kebersihan organ intim, kurang asupan cairan sebelumnya atau kebiasaan menahan kencing. Selain itu batu saluran kemih juga bisa dipicu oleh kolesterol tinggi, asam urat tinggi, infeksi saluran kemih, genetik atau mengkonsumsi protein dan kalsium secara berlebihan tanpa diimbangi air putih yang banyak.Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan ini sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis urologi untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dan penanganan yang sesuai. Sementara itu anda bisa melakukan hal-hal berikut:
  • perbanyak asupan air putih
  • hindari kebiasaan menahan kencing
  • jaga kebersihan organ intim
  • olahraga rutin 3-4x seminggu
  • hindari bergadang, tidur cukup
Semoga bermanfaat. Salam sehatdr. Pany CL
infeksi saluran kemihsakit pinggangbatu saluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil