Diare disertai mual dan muntah

AP Info Penanya: AP, Wanita, 1 Tahun
Pagi dokSaya mau nanya kenapa ya dok 3hari ini saya diere trus mual mual dan muntah muntah nya ga terlalu sering,trus saya kemarin berobat ke klinik,memang diere nya sudah tidak lagi,tapi terkadang perut saya sakit dok,mual masih dokItu kenapa yah dok?? Dlu saya pernah kena lambung luka apa ada hubunganya sama rasa sakit diperut saya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Diare adalah keluhan dimana buang air besar menjadi lebih sering lebih dari 3 kali dalam 24 jam dan disertai perubahan konsistensi feses menjadi lebih cair. Diare sendiri bisa disertai gejala lain misalnya mual, muntah, demam, dan juga nyeri perut. 

Penyebab diare

Beberapa penyebab diare diantaranya adalah:

  • Infeksi saluran pencernaan baik karena bakteri, virus atau parasit
  • Keracunan makanan
  • Efek samping obat
  • Stres atau panik
  • Masalah usus
  • Alergi makanan
  • Intoleransi bahan makanan
  • Penyebab lainnya

Pada diare sendiri perlu diwaspadai adalah agar tidak terjadi dehidrasi terlebih jika diare disertai muntah. Untuk itu perlu diberikan lebih banyak minum air putih atau bisa minum larutan elektrolit misalnya oralit.

Untuk mengatasi diare juga bisa dikonsumsi obat attapulgite setiap buang air besar dan mengonsumsi vitamin B6 untuk mengurangi mual.

Jika disertai demam, BAB dan muntah bertambah sering, timbul tanda dehidrasi, sakit kepala, urine menjadi sedikit, maka perlu kembali memeriksakan diri.

Jika saat ini masih terasa nyeri perut, bisa disebabkan masih adanya masalah pada saluran cerna, untuk itu perlu menjaga asupan makan agar diolah dengan bersih dan benar-benar matang. Cuci tangan sebelum mengolah makan dan juga sebelum dan setelah makan menggunakan sabun. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari makanan penyebab diare agar Anda tidak mengalami inkontinensia tinja

Apa Saja Makanan Penyebab Diare yang Harus Anda Hindari?

Diare umumnya disebabkan karena bakteri. Makanan yang sering menjadi penyebabnya adalah makanan cepat saji, kembang kol, bumbu pedas, pemanis buatan, dan kafein.