Adik usia 5 tahun sering keluar air liur bagaimana cara menyembuhkannya?

P Info Penanya: P, Pria, 20 Tahun
Dok saya ingin bertanya,saya punya adik dok umur 5thn dok dia masih ngeces/keluar air liur aja dok gimana yah dok cara sembuhinnya dok terimakasih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, P

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sejak kapan keluhannya dimulai? Setelah usia 4 tahun harusnya sudah tidak banyak mengeluarkan air liur lagi. Bila dimulainya tiba-tiba bisa saja akibat ada infeksi di dalam rongga mulut atau menelan sesuatu. Namun jika sudah lama dan juga ada tanda perkembangan yang terlambat seperti berbicara atau berjalan. Maka kemungkinannya merupakan suatu gangguan jangka panjang di otak seperti cerebral palsy. Berikut artikel mengenai penyebab dan gejala cerebral palsy untuk referensi anda.

Cara untuk mengatasinya perlu pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Anak dengan keahlian tumbuh kembang anak. Mungkin juga akan dikonsulkan ke Dokter Spesialis THT untuk evaluasi rongga mulut dan kelenjar air liurnya. Tatalaksananya lebih banyak berupa fisioterapi, salah satunya terapi wicara untuk membantu dalam hal menelan. Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.