Adanya infeksi pada vagina apa penyebabnya?

W Info Penanya: W
Siang dok. Sya di diagnosi n hasil lab menyatakan sy trkenan stplocus aureus and yeast cell.Tp sy udh berhnti brobat dok. Kara kta dokter sblm nya ini hnya pengaruh hormon saja. Pdhal sy mreskan gatal n bintik" sprti jrwat di area vagina sy. Sya jg udh k bbrp r.s jg dok. Mhon infonya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore W,

Pemeriksaan lab yang dilakukan dapat berupa pemeriksaan sampel cairan vagina. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan penunjang dimana perlu dilengkapi dengan informasi lain seperti data tanya jawab pasien dengan dokter mengenai kondisi yang dialami, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lain untuk bisa menegakkan diagnosis. Untuk itu kembali pada dokter yang memintakan pemeriksaan tersebut untuk ditegakkan diagnosis atau bisa ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Adanya Staphylococcus aureus dan yeast adalah penanda adanya infeksi bakteri dan jamur seperti jamur biasa ataupun kandidiasis vagina yang bisa merupakan penyebab dari vagina yang gatal, perih dan timbul keputihan ataupun gejala lain seperti adanya bintik jerawat, nyeri saat berkemih, nyeri perut ataupun nyeri saat berhubungan seksual. Dalam hal ini riwayat hubungan seksual juga penting untuk menyingkirkan diagnosa penyakit menular seksual.

Jika ada infeksi pada vagina maka perlu ditegakkan diagnosa dan diberikan penanganan yang sesuai baik obat antibiotik ataupun obat anti jamur agar infeksi bisa ditangani dan penting juga menjaga kebersihan area organ intim dan hindari melakukan hubungan seksual sampai teratasi dengan tuntas. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.