Adakah terapi mandiri untuk anak yang terlambat bicara?

AM Info Penanya: AM
Adakah terapi buat anak speak delay yg bsa dilakukan sndri di rmh...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AM,

Terlambat bicara pada setiap anak bisa berbeda-beda dimana yang menjadi patokan adalah berapa kata yang sudah bisa diucapkan dan apakah anak sudah bisa merangkai kata menjadi kalimat sederhana. Pada usia 24 bulan misalnya dimana anak sudah bisa mengucapkan sekitar 100 kata dan sudah bisa merangkai 2 kata menjadi kalimat sederhana.

Untuk mengatasinya memang perlu dilakukan evaluasi terlebih dahulu untuk menilai apa yang menjadi pemicunya seperti dengan melihat apakah ada gangguan pendengaran, ada tidaknya kondisi lain yang memicu anak menjadi terlambat bicara ataupun kondisi sehari-hari di rumah dimana perlu dilakukan stimulasi agar perkembangan bahasa anak sesuai dengan anak seusianya.

Terapi wicara memang perlu dilakukan jika anak mengelami keterlambatan bicara. Terapi wicara tidak hanya dilakukan oleh terapis saja tetapi juga perlu menstimulasi anak di rumah dengan lebih aktif mengajak berbicara, membacakan cerita, dan mengurangi penggunaan gadget yang bisa membuat anak menjadi pasif dan hanya mendengar saja tanpa belajar mengucap kata. Konsultasikan pada dokter anak yang memeriksa anak Anda dan bisa belajar pada terapis di tempat terapi wicara untuk latihan dan stimulasi mandiri anak Anda di rumah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu permainan untuk membantu anak cepat bicara adalah permainan Simon Berkata

Agar Anak Cepat Bicara, Ini yang Wajib Orangtua Lakukan

Perhatian orang tua sangat memengaruhi kemampuan bicara anak di usia tiga tahun pertama. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak cepat bicara adalah permainan Simon Berkata.