Adakah suplemen pembentuk otot tanpa olah raga?

TK Info Penanya: TK, Pria, 2019 Tahun
Adakah suplemen pembentuk otot tanpa olah raga,, dan apakah yang terjadi kalau kita membuat otot tanpa olahraga
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi TK,

Untuk membentuk otot atau menambah massa otot diperlukan latihan dan asupan protein sebagai bahan bakunya. Suplemen pembentuk otot yang banyak dijual di pasaran adalah suplemen dimana memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yang berguna sebagai bahan baku membentuk otot, namun hal ini akan sia-sia belaka bila tidak dibarengi dengan latihan seperti angkat beban. Penggunaan suplemen tinggi protein yang tidak dibarengi dengan olahraga hanya akan menambah kalori tubuh yang berakhir dengan kegemukan.

Bila Anda ingin membentuk otot tubuh, maka disarankan untuk makan makanan yang mengandung tinggi protein dan melakukan olahraga seperti angkat beban secara berkala. Selain itu Anda juga bisa melakukan konsultasi ke dokter spesialis kedokteran olahraga untuk memilihkan olahraga apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa cara mengatasi penumpukan asam laktat saat berolahraga, seperti minum air putih yang cukup dan melakukan peregangan

Cara Mengatasi Penumpukan Asam Laktat Saat Berolahraga agar Tak Nyeri

Olahraga yang berlebihan, dapat memicu penumpukan asam laktat di aliran darah. Hal inilah yang membuat Anda merasakan nyeri otot. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengatasi asam laktat saat berolahraga, yang bisa Anda coba. Salah satunya dengan cukup minum air putih.