21 Sep 2021, 16:00Mata

Adakah pantangan herpes di mata?

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dokter, ada bintik bintik perih di mata seperti herpes. Penyebabnya apa ya, Dok? Kemarin saya makan ayam dan udang dan menyebabkan bintik ini semakin perih dan gatal. Apakah itu termasuk salah satu makanan pantangan? Lalu, apa saja pantangan herpes di mata? Bagaimana cara mengatasinya agar cepat sembuh?
134 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya. Bintik-bintik di mata dapat timbul pada bagian kelopak mata atau pada bagian lapisan mata lain.  Kondisi ini dapat terjadi karena faktor alergi, infeksi kelopak mata akibat bakteri, jamur ataupun infeksi virus.  Salah satu infeksi virus yang mengenai mata adalah herpes.  Herpes pada mata infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks.  Herpes pada mata akan menimbulkan mata yang nyeri, lebih sensitif terhadap cahaya, kotoran mata yang lengket, bengkak pada kelopak mata hingga timbul bintik yang perih dan kemerahan pada kelopak mata.Terkait makanan, sebenarnya tidak ada pantangan makanan saat mengalami herpes di mata.  Kecuali memang ada alergi terhadap makanan ayam dan udang maka memang reaksi alergi itu akan memperparah keluhan rasa gatal dan nyeri namun jika tidak ada alergi makanan maka ayam dan udang tidak mempengaruhi atau memperparah herpes di mata.  Sehingga anda tidak perlu khawatir, bebas konsumi makanan.  Pantangan lain herpes di mata sebatas menjaga kebersihan mata dan hindari untuk digaruk.

Cara mengatasi herpes di mata : 

  • Menghindari mengucek mata atau menggaruk bintik agar tidak timbul infeksi tambahan dan melukai bagian mata yang lain. 
  • Gunakan kacamata atau pelindung mata saat berada di luar rumah atau udara yang berdebu. 
  • Kompres menggunakan handuk dingin dan panas secara bergantian agar mengurangi rasa perih di mata.
  • Konsumsi obat minum dan gunakan tetes mata yang diberikan oleh dokter.  
Mengatasi herpes dimata memerlukan penanganan oleh dokter agar mencegah timbulnya gangguan penglihatan.  Untuk itu segera periksa dokter spesialis mata untuk penanganan lanjutan. Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat, dr. Farah
kesehatan mataherpesherpes simplex tipe 1
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil