15 Jul 2020, 08:49Penyakit Lainnya

Adakah obat rematik herbal yang dapat dikonsumsi?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, ada nggak sih obat rematik herbal yang bisa saya konsumsi? Saya nggak nyaman mengonsumsi obat dari dokter. Mohon infonya ya dok.
2171 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FF.Rematik, atau dalam dunia medis dikenal sebagai rheumatoid arthritis, adalah kondisi peradangan yang terjadi pada sendi, paling sering pada tangan dan kaki. Kondisi ini ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kaku dalam menggerakan sendi. Walaupun gejala tidak selalu berat, tetapi rematik tidak boleh diabaikan.Rematik terjadi karena kondisi autoimun, yaitu ketika sistem imun menyerang sel tubuh yang seharusnya tidak dihancurkan. Dalam kasus rematik, sel yang diserang adalah sinovium, yaitu membran yang mengelilingi sendi. Lama-kelamaan, tulang rawan dan tendon yang menjadi penyangga sendi juga melemah.Pada prinsipnya, gejala rematik dapat ditekan dengan obat-obatan. Mengonsumsi obat memang terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman, karena bisa memicu efek samping. Akan tetapi, apabila Anda sudah mendapatkan obat dari dokter spesialis ortopedi, sebaiknya konsumsilah sesuai anjuran, ya. 

Obat Alami untuk Rematik

Apabila ingin menambah dengan beberapa bahan alami, maka diskusikan dulu dengan dokter Anda terkait cara penggunaannya. Berikut beberapa bahan alami yang mengandung antiradang, dan dapat digunakan untuk membantu penyembuhan rematik:
  • Bawang putih 
  • Kayu manis 
  • Kunyit
  • Jahe
  • Thyme
  • Teh hijau
Lalu, lakukan juga pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan sehat, perbanyak buah dan sayur. Cukupi kebutuhan tubuh untuk beristirahat, dan jangan memforsir sendi dengan gerakan yang terlalu berat. Selain itu, apabila Anda seorang perokok, berhenti, ya.  Salam sehat,
dr Sylvia
rematikradang sendiartritis rheumatoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil