Adakah obat penunda haid?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau bertanya adakah obat penunda haid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AN

Terima kasih atas pertanyaannya.

Memang ada cara untuk menunda haid, menunda haid bukan berarti menunda kehamilan ya. Jadi proses haid atau menstruasi diawali dengan tubuh wanita akan memproduksi sel telur dan memicu penebalan dinding rahim. Ketika pembuahan tidak terjadi, terjadi peluruhan dinding rahim dan sel telur yang ditandai dengan perdarahan dari vagina. Perdarahan berasal dari pembuluh darah di rahim yang pecah akibat dinding rahim meluruh. Untuk informasi lebih lengkap tentang menstruasi bisa membuka link ini.

Semua proses tersebut diatur oleh keseimbangan hormon kandungan yaitu estrogen dan progesteron. Sehingga memang ada obat untuk menunda haid, biasanya dengan tujuan untuk ibadah Haji/Umroh atau liburan. Kondisi lain seperti haid yang berlebihan (lama dan nyeri), mengatasi penyakit yang bisa dipicu haid seperti endometriosis, epilepsi, asma, migren dan anemia

Obat tersebut mengandung hormon dan penggunaannya lebih baik bila diresepkan dan dimonitor oleh Dokter. Anda bisa diskusi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan mengenai terapinya, cara memakainya dan efek samping yang bisa ditimbulkan. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda PMS yang umumnya terjadi adalah kram, sakit kepala, dan mood swing

Serba-serbi PMS, Mulai dari Tanda-tanda PMS Sampai Pencegahannya

PMS merupakan gejala fisik dan psikologis yang dialami oleh wanita sebelum mengalami menstruasi. Tanda-tanda PMS yang sering terjadi, antara lain: kram, payudara mengeras, perubahan nafsu makan, kaki tangan membengkak, sakit kepala, hingga diare.