Adakah Obat atau Vitamin yang Bisa Membuat Anak Jadi Lebih Cerdas?

AB Info Penanya: AB, Pria, 43 Tahun
Selamat malam Dokter, Ada pertanyaan, adakah vitamin agar anak menjadi lebih cerdas? Saya punya anak laki-laki umur 11 tahun. Jika diperhatikan dia aktif tapi kurang tanggap dengan apa yang kita sampaikan dan di sekolah pun begitu pada pelajarannya, bahkan bisa di katakan malas. Di rumah, segala sesuatu harus di ingatkan. Apakah ada obat atau vitamin yang dapat membantu tumbuh kembang dan merangsang kerja otak untuk anak dengan kondisi seperti ini? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Bapak AB,

Tidak serius mengikuti pelajaran di kelas dan tidak serius dirumah pada anak-anak usia sekolah memang sering terjadi, dinamakan gangguan konsentrasi.

Tingkatan gangguan konsentrasi mulai dari gangguan konsentrasi ringan sampai gangguan konsentrasi berat yang mempengaruhi perkembangan anak dan masa depan anak. Gangguan konsentrasi bukan suatu penyakit tapi bis amenggambarkan adanya gangguan perkembangan pada anak.

Patokan normal untuk menilai atensi anak sesuai umurnya patokannya dibawah ini, tapi Kemampuan memusatkan perhatian berbeda-beda :

  • Anak umur 2 tahun atensinya  7 menit
  • Anak umur 3 tahun atensinya 9 menit
  • Anak umur 4 tahun atensinya 12 menit
  • Anak umur  5 tahun atensinya 14 menit.

Setiap anak adalah unik dan memiliki kemampuan berbeda-beda, sangat mungkin anak tidak memperhatikan saat pelajaran namun akan menaruh minat penuh atas hal yang menjadi kesukaannya seperti bermain, nonton, melukis, komputer dll

Waktu belajar dan kondisi lingkungan saat belajar juga berbeda untuk tiap anak, ada anak yang bisa belajar dalam kondisi ribut sambil bermain, ada anak yan gharus belajar bila lingkungan sepi atau anak yang belajar sambil mendengarkan musik. Sebaiknya orangtua memperhatikan minat dan karakter si anak dalam belajar dan bergaul kemudian mengkondisikan yang terbaik untuk anak. Untuk anak umur 11 tahun anak sudah dapat diajak berkomunikasi dan bertukar pikiran tentang apa mau anak dan apa yang menjadi hambatan dalam pendidikannya.

Bila anak dan orang tua setuju dapat saja diberikan pelajaran tambahan di luar sekolah sesuai minat anak, diskusikan dahulu untuk ini.

Ada beberapa suplemen yang dijual bebas dan diklaim dapat meningkatkan konsentrasi belajar untuk anak, namun sebaiknya kunjungi Dokter Spesialis Anak (SpA) terlebih dulu sebelum memberikan vitamin dan suplemen apapun.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nutrisi untuk kulit sehat penting untuk menjaga kesehatan kulit

Pilihan Nutrisi untuk Kulit Sehat, Apa Saja?

Menjaga kesehatan kulit dapat dilakukan dengan mengonsumsi berbagai nutrisi untuk kulit sehat. Makanan untuk kulit sehat yang dapat dikonsumsi, di antaranya air, selenium, antioksidan, CoQ10, vitamin A, vitamin C, vitamin E, lemak sehat, dan minyak zaitun.