Adakah manfaat sirsak untuk menyembuhkan peradangan?

GR Info Penanya: GR
Dokter, kata rekan saya manfaat sirsak bagus untuk menyembuhkan peradangan. Apa itu benar dok? Jika ya, bagaimana aturan makannya dok. Mohon infonya, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam GR,

Sirsak adalah salah satu buah yang banyak ditemukan di Indonesia yang sebenarnya berasal dari benua Amerika. Sirsak memiliki terkstur dan rasa yang khas sehingga memiliki cita rasa yang kuat. Sirsak sendiri memiliki beragam kandungan nutrisi yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi buah sirsak

Kandungan nutrisi pada buah sirsak diantaranya seperti:

  • Mengandung vitamin seperti vitamin C, B1, B2, B9 dan vitamin lainnnya
  • Mengandung mineral seperti zat besi, magnesium, kalium dan lainnya
  • Memiliki kandungan antioksidan
  • Mengandung makronutrien seperti protein dan karbohidrat
  • Mengandung serat 
  • kalori yang rendah

Dari kandungan tersebut, buah sirsak dapat memberikan manfaat bagi kesehatan seperti melancarkan saluran pencernaan, melindungi dari radikal bebas, membantu menurunkan tekanan darah, membantu menurunkan gula darah, membantu meredakan peradangan, membantu melawan infeksi terutama infeksi bakteri dan manfaat lainnya.

Sirsak sendiri bisa diolah menjadi jus ataupun dimakan langsung. Selain buahnya, daun sirsak juga dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan dan dapat diolah menjadi teh. Jadi buah sirsak dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif buah pilihan untuk konsumsi sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Daging merah aman dikonsumsi asal tak berlebihan dan dimasak dengan suhu tak terlalu tinggi

Nutrisi Daging Merah dan Klaim Risikonya untuk Kesehatan

Daging merah disayang dan ditakuti. Beberapa penelitian observasi memang mengaitkan konsumsi daging merah dengan masalah kesehatan. Apakah semua ahli setuju?