17 Sep 2020, 13:14Penyakit Lainnya

Adakah manfaat dari manisan kolang-kaling?

A
Info Penanya: A0
Sore dok, ibu saya suka sekali masak manisan kolang kaling. Ada nggak sih dok manfaat yang bisa saya ambil dari konsumsi manisan kolang kaling?
1288 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang A,Kolang-kaling adalah biji dari pohon aren yang kemudian diolah dengan air kapur dan direbus sehingga menjadi kolang-kaling. Kolang-kaling sendiri banyak digunakan sebagai bahan kudapan seperti dijadikan minuman, bahan pelengkap kolak, dijadikan manisan dan olahan lainnya. Manfaat kolang kaling sendiri diantaranya adalah:
  • Memiliki kandungan vitamin seperti vitamin C, vitamin K, asam folat
  • Memiliki kandungan mineral seperti kalsium dan zat besi
  • Sumber serat yang baik
  • Dapat membantu mengurangi nyeri karena kandungan senyawa galaktomanan
Tetapi apabila dijadikan olahan manisan, perlu berhati-hati. Karena ketika dijadikan manisan dengan cara direndam dengan sirup yang tinggi gula bisa menjadikan kurang sehat. Perlu membatasi mengonsumsinya. Karena jika terlalu tinggi gula bisa berisiko asupan kalori berlebih yang bisa meningkatkan berat badan dan juga peningkatan kadar gula darah yang bisa berisiko terjadinya diabetesUntuk itu bisa coba dijadikan makanan atau olahan kudapan lain yang lebih sehat dan tentunya bisa dikonsumsi secukupnya ya. Perlu juga menjaga keseharian dengan menjaga pola tidur, olahraga teratur, menjaga pola makan, kelola stres dengan baik agar bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
makanan sehatmakanan tidak sehattips kesehatangula darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil