Adakah manfaat apel hijau untuk asam urat?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, bapak saya kebetulan menderita asam urat. Sudah sekitar 1 tahun belakangan. Apa betul dok, manfaat apel hijau bisa menetralkan kadar asam urat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Apel hijau adalah salah satu jenis buah yang mengandung beragam vitamin seperti vitamin A dan C, serta beragam mineral seperti zat besi, kalium, dan zinc. Selain itu, apel hijau juga mengandung antioksidan serta serat. Dengan kandungan gizinya tersebut, apel hijau memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Manfaat apel hijau di antaranya:

  • Menjaga kesehatan mata
  • Membantu mempertahankan kesehatan jantung dan pembuluh darah
  • Membantu melancarkan buang air besar
  • Mencegah penuaan dini
  • Membantu menetralkan asam urat dengan kandungan yang bernama malic acid 

Oleh karena itu, boleh-oleh saja ayah Anda mengonsumsi apel hijau secara rutin, misalnya satu buah sehari. Buah tersebut boleh dikonsumsi secara langsung maupun dijus bersama buah lainnya. Tetapi, apabila dijus, pastikan untuk tidak terlalu banyak memberikan tambahan gula, ya.

Selain mengonsumsi apel hijau, disarankan agar ayah Anda mengonsumsi buah dan sayur lainnya, agar nutrisi yang dicerna oleh tubuh semakin lengkap. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan minum air putih yang cukup. Lalu, hindari makanan tinggi purin yang dapat mencetuskan asam urat.

Apabila ada keluhan terkait asam urat ayah Anda, atau membutuhkan informasi lainnya tentang apa yang boleh dikonsumsi dan tidak, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat daun tin ada beragam mulai dari turunkan gula darah hingga cegah TBC

Dijuluki Tanaman Surga, Ini Sederet Manfaat Daun Tin

Sering dijuluki sebagai tanamana surga, pohon tin ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khususnya, manfaat daun tin yang telah lama dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah.