Adakah krim pemutih wajah yang aman di apotik untuk ibu hamil?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Pagi dok, apakah ada krim pemutih wajah yang aman di apotik untuk ibu hamil? Mohon rekomendasinya ya dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Kulit sehat seringkali diidentikkan dengan kulit yang putih. Padahal, asalkan dirawat, warna kulit apapun akan tampak cerah dan sehat seperti idaman semua orang, tak terkecuali ibu hamil.

Tetapi, ibu hamil sebaiknya berhati-hati dalam memilih pencerah wajah yang aman digunakan. Ada beberapa kandungan krim yang dapat menembus sawar darah plasenta dan membahayakan apabila terpapar ke janin. Ada pula krim yang tinggi bahan kimia yang juga dapat memberikan efek samping negatif kepada janin.

Untuk itu, disarankan Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis kulit dan kelamin, agar mendapat pilihan krim pencerah yang tepat. Tetapi, jika Anda ingin membeli krim yang dijual bebas, utamakan memilih yang organik dan rendah bahan kimia, ya.

Atau, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami di rumah seperti:

  • Madu
  • Lidah buaya
  • Yogurt
  • Tomat
  • Bengkoang
  • Kayu manis

Bahan-bahan tersebut tentulah lebih aman bagi ibu dan janin. Namun, pastikan bahwa Anda tidak memiliki reaksi alergi atau iritasi dengan bahan-bahan tersebut.

Jangan lupa untuk merawat kulit dari dalam dengan cara mengonsumsi makanan bergizi yang kaya vitamin C dan E, seperti kiwi, jeruk, atau jambu. Selain itu, minum air putih yang cukup agar peredaran darah senantiasa lancar, dan kulit tampak cerah, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang tua dan guru bisa bantu hilangkan stigma buruk tentang anak dengan albinisme.

3 Tips Ampuh untuk Tingkatkan Percaya Diri Anak dengan Albinisme (Albino)

Mendapatkan perlakuan yang berbeda dari lingkungan sekitar, bisa membuat anak dengan albinisme menjadi kurang percaya diri, saat ingin berkomunikasi dengan teman sebaya. Sebagai orangtua dan orang terdekatnya, Anda bisa lakukan ketiga tips ini untuk tingkatkan rasa percaya diri mereka.