Adakah hubungan antara siklus menstruasi dengan aktif secara seksual?

A Info Penanya: A, Wanita, 31 Tahun
Pagi dok,jika berhubungan badan rutin dgn suami dilakukan rutin ,apakah menstruasi akan teratur/tdk telat mens
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Good morning, A

Terimakasih telah mengajukan pertanyaan di Forum SehatQ.

Beberapa penelitian mengaitkan perubahan libido dengan perubahan kadar hormon dalam tubuh, dalam hal ini fluktuasi rasio estrogen dan progesteron - keduanya hormon yang diproduksi di ovarium. Peningkatan estrogen dapat menyebabkan peningkatan libido sebelum menstruasi, sementara meningkatnya progesteron mengarah pada dorongan seks yang lebih rendah. Parameter ini berfluktuasi pada berbagai fase siklus menstruasi.

Selama menstruasi dan beberapa hari setelahnya, konsentrasi kedua hormon rendah, yang dapat menyebabkan penurunan hasrat seksual. Pada saat ovulasi, kadar estrogen anda naik, mencapai puncaknya, itulah sebabnya libido anda biasanya akan menjadi lebih intens selama periode ini. Ovulasi diikuti oleh peningkatan produksi progesteron, yang dapat menyebabkan penurunan gairah seks anda.

Bagaimana hubungan antara frekuensi seksual dengan siklus menstruasi, dari hasil penelitian di antara responden yang melakukan hubungan seks secara teratur, durasi siklus menstruasi sebagian besar berkisar antara 26-33 hari (rata-rata 29,5 hari). Durasi ini dianggap paling menguntungkan untuk pembuahan karena siklus seperti itu durasinya normal dan terjadi ovulasi. Pada wanita yang melakukan hubungan seks tidak teratur, durasi siklus menstruasi berkisar pada skala yang lebih luas; siklus yang sangat pendek atau sangat panjang, yang biasanya tidak terjadi ovulasi.

Setelah menjadi aktif secara seksual, siklus menstruasi menjadi berubah, Penyebabnya dari orgasme yang memicu pelepasan sejumlah besar oksitosin. Oksitosin tidak berpengaruh pada kesuburan tapi berperan dalam mengatur fluktuasi hormon wanita dan mengurangi stres. Aktivitas seksual juga mengubah kadar berbagai hormon yang memengaruhi siklus hadi, sehingga menjadikannya teratur dan gejala sindrom pramenstruasi (PMS) ikut berkurang. Salam Sehat,dr. Andre Zaini
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Variasikan hubungan intim Anda dan pasangan dengan mempraktikkan gaya seks tanpa lepas pakaian

Tak Kalah Menggairahkan, Ini 5 Gaya Seks Tanpa Lepas Pakaian

Gaya seks tanpa lepas pakaian ternyata bisa menjadi cara baru untuk membuat gairah Anda dan pasangan kian memuncak. Trik utama yang perlu dilakukan saat bercinta menggunakan pakaian adalah fokus pada area sensitif pasangan.