Adakah efek samping minuman probiotik jika berlebihan?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Malam dok, anak saya suka sekali minum minuman probiotik seperti Yakult. Menurutnya ia tidak bisa BAB jika belum mengonsumsi Yakult. Tapi jika terlalu sering, apa ini tidak berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Minuman probiotik adalah minuman fermentasi yang mengandung bakteri baik yang bermanfaat bagi saluran pencernaan, seperti melancarkan buang air besar dan membantu menyerap zat gizi pada makanan. Selain itu, probiotik juga memiliki manfaat lain, misalnya membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Tetapi, minuman probiotik seringkali disertai dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Apabila dikonsumsi berlebihan, dikhawatirkan akan menaikkan kadar gula darah. Apabila berkepanjangan, maka bukan tidak mungkin di kemudian hari bisa terjadi penyakit kronis, seperti obesitas (kelebihan berat badan) atau diabetes.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menganjurkan anak Anda untuk membatasi asupan minuman probiotik tersebut. Atau, sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih probiotik dalam bentuk serbuk, tablet kunyah, maupun kapsul, yang hanya sedikit atau tidak mengandung gula. Bisa juga dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan fermentasi yang juga mengandung probiotik yaitu:

  • Yogurt, usahakan memilih yang plain agar rendah gula
  • Kefir
  • Kombucha
  • Sauerkraut
  • Tempe

Selain mengonsumsi probiotik, agar buang air besar senantiasa lancar, konsumsi juga makanan yang mengandung serat seperti sayur-mayur dan buah-buahan. Jangan lupa imbangi dengan minum air putih yang cukup, ya. Apabila memiliki keluhan kesehatan atau membutuhkan informasi lebih lanjut terkait minuman probiotik, jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat buah tin sangat banyak bagi kesehatan

Cegah Sembelit hingga Diabetes, Ini 5 Manfaat Buah Tin

Manfaat buah tin sangat banyak bagi kesehatan menyusul kandungan nutrisi di dalamnya yang berupa kalsium, serat, antioksidan, dan lain-lain. Apa saja manfaat yang dimaksud?