23 Aug 2020, 16:36Penyakit Lainnya

Adakah efek samping dari penggunaan repairing jelly?

Z
Info Penanya: Z, Pria, 26 Tahun
Malam dokter, apakah produk vaseline repairing jelly dapat digunakan pada area kulit sensitif? Jika ya, apa saja efek samping penggunaan vaseline petroleum jelly (repairing jelly) pada kulit yg sensitif atau terkena luka pada kulit?
5463 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, S.Repairing atau petroleum jelly merupakan suatu campuran berbahan dasar lilin (wax) dan minyak mineral yang menghasilkan zat lemak setengah padat atau semisolid dengan tekstur lengket dan licin. Petroleum jelly telah terbukti memiliki berbagai manfaat bagi kulit dan kecantikan, khususnya sebagai pelembap.Mengenai pertanyaan Anda tentang penggunaan petroleum jelly pada kulit yang sensitif terlebih dahulu perlu diketahui bahwa petroleum jelly merupakan salah satu jenis pelembap oklusif yang bekerja dengan cara menghambat terjadinya penguapan air dari permukaan kulit. Pada beberapa jenis kulit yang sensitif pertroleum jelly dapat digunakan dengan aman karena kulit menjadi lebih toleran. Namun pada jenis lainnya seperti kulit wajah sensitif yang cenderung mudah berjerawat, perlu lebih berhati-hati karena jenis pelembap oklusif justru dapat menyumbat pori-pori dan memicu pertumbuhan jerawat. Penggunaan petroleum jelly ini memang dapat berbeda-beda efeknya pada setiap individu. Kerena itu diperlukan tes terlebih dahulu pada saat pemakaian yang pertama kali untuk memastikan kecocokannya pada jenis kulit sensitif Anda.Kendati memiliki berbagai manfaat, petroleum jelly pun tidak terlepas dari efek sampingnya jika digunakan dengan tidak tepat.

Beberapa diantaranya ialah :

  • dapat menimbulkan reaksi alergi
  • meningkatkan risiko infeksi jika digunakan pada kulit yang tidak dibersihkan dengan baik sebelumnya
  • penyumbatan pori-pori
Jika terdapat reaksi seperti kemerahan, gatal dan muncul ruam ada baiknya untuk segera dihentikan dan berkonsultasilah dengan dokter Kulit .Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
perawatan kulitkulit dan kecantikankulit sensitifkulit kering
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil