Adakah efek KB suntik dengan produksi ASI?

LP Info Penanya: LP, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya saya baru saja melahirkan sc 2 bulan lalu dan ikut kb suntik 1 bulan tapi koq asi saya makin dikit yah dok apa ada pengaruhnya dg kb suntikDan bagaimana caranya supaya asi saya kembali seperti smula ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, LP

Terimakasih atas pertanyaannya.

Penggunaan KB yang mengandung hormon pada saat menyusui sebetulnya tidak mempengaruhi produksi ASI. Baik pil KB, suntik 1 bulan/3 bulan atau susuk. Karena hanya mengandung hormon progesteron. Ada pil KB yang kombinasi dengan estrogen, kalau ini dapat mengurangi produksi ASI sehingga dokter biasanya memberikan pil KB yang hanya mengandung progesteron.

Sehingga anda tidak perlu khawatir menggunakan KB suntik. Yang paling penting apakah berat badan bayi anda terus bertambah sesuai kurva pertumbuhannya? Namun bila anda merasa produksinya berkurang, berikut ada beberapa tips yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

1. Produksi ASI tergantung sistem suplai dan demand. Jadi kalau sering dikeluarkan maka produksinya meningkat. Bila bayi anda sedang tidak lapar, anda bisa menampungnya dengan pompa ASI agar produksinya meningkat.

2. Minimal anda harus memompa 8x per hari. Lakukan pada kedua payudara pada waktu bersamaan agar terus memancing produksi ASI.

3. Setelah menyusui lanjutkan dengan dipompa dengan tujuan menstimulasi produksi ASI lebih banyak.

4. Perawatan diri, jangan lupa memanjakan diri anda. Taruh makanan dan minuman di dekat anda. Relaksasi dengan membaca buku atau mandi air panas.

5. Ada beberapa supplemen yang disinyalir menambah produksi ASI. Anda sebaiknya konsultasi juga dengan Dokter Ahli Laktasi untuk mendapatkan edukasi dan terapi yang sesuai.

Semoga informasi dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Paracetamol untuk ibu menyusui tidak akan berpengaruh ke ASI asalkan sesuai dosis dan anjuran dokter

Paracetamol untuk Ibu Menyusui Boleh Saja, tapi Ada Aturannya

Ibu menyusui tidak bisa sembarangan konsumsi obat. Namun, salah satu obat yang cukup aman adalah paracetamol. Mengonsumsi paracetamol untuk ibu menyusui tidak akan terlalu berpengaruh pada ASI.