Adakah cara penyembuhan hernia?

N Info Penanya: N, Pria
Dok, saya mau beetanya.. penyakit hernia yang saya derita ini sudah lama sejak kecil dari lahir, dan sampai seusia saya 24 tahun tidak ada mengalami perubahan. Langkah langkah penyembuhan apa yang harus saya lakukan dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hernia merupakan suatu kondisi dimana terdorongnya keluar organ tubuh melalui jaringan otot atau ikat yang lemah sehingga muncullah benjolan di daerah antara dada dan panggul yang hilang timbul atau kadang menetap. Hernia sering juga disebut dengan istilah turun berok. Penyebab penyakit ini yaitu akibat kelemahan dan ketegangan otot. Penyebab dari kelemahan otot itu sendiri yaitu usia, batuk kronis, kegagalan dinding perut untuk menutup saat dalam kandungan sehingga menyebabkan kecacatan kongenital, konsipasi, mengangkat beban berat, operasi pada area tertentu, dll. Hernia sendiri terdiri dari beberapa jenis.

Jenis-jenis hernia:

Untuk mengatasi hernia, Anda bisa melakukan perubahan pada pola makan Anda, latihan atau olahraga khusus, dan mengonsumsi obat-obatan yang mengurangi keluhan. Bisa juga dengan operasi. Ada dua jenis operasi untuk hernia yaitu operasi terbuka dan laparoskopi (bedah minimal invasive hernia). Untuk itu, saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter bedah agar dapat diobati dengan tepat hernia yang Anda alami ini.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh N
05 Jan 2020, 11:33
Terimakasih banyak untuk penjelasan dan sarannya dok.. akan saya jalankan sesuai saean dari buk dokter.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi spina bifida membuat penderita bertahan hidup lama dan lebih berkualitas.

Operasi dalam Rahim, Alternatif Lain untuk Operasi Spina Bifida

Spina bifida adalah cacat lahir yang berisiko infeksi yang tinggi dan kerusakan saraf. Spina bifida tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa bertahan hidup lebih lama dengan operasi.