Adakah cara menurunkan berat badan alami tanpa olahraga?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, saat ini saya merasa berat badan saya sudah sangat mengganggu. Tinggi saya 150 tapi berat badan saya sudah 68 kg. Saya ingin menurunkan 8 kg dok, adakah cara yang bisa lakukan untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FF.

Obesitas adalah kondisi ketika berat badan sangat berlebihan dengan indeks massa tubuh di atas 25. Untuk berat dan tinggi badan Anda, indeks massa tubuhnya adalah 30,2. Untuk menghitung indeks massa tubuh, Anda dapat mengikuti tautan terlampir ini.  Oleh karena itu, berat badan Anda memang sebaiknya dikurangi, karena berat badan ideal dapat memengaruhi tingkat kesehatan seseorang.

Apabila Anda belum ingin berolahraga, Anda bisa mencoba dengan mengatur pola makan terlebih dahulu, dengan cara:

  • Memperbanyak sayur pada piring makan Anda, minimal setengah piring tiap waktu makan
  • Mengganti karbohidrat simpleks (nasi putih, roti putih) dengan karbohidrat kompleks (ubi, nasi merah, oatmeal), yang membuat rasa kenyang tahan lebih lama
  • Membatasi penggunaan saus sambal, kecap manis, ataupun salad dressing, karena hal tersebut seringkali menambah asupan kalori tanpa disadari
  • Menghindari makanan yang tinggi kalori tetapi tidak bernutrisi
  • Membatasi kebiasaan mengemil

Tetapi, perlu diingat, menurunkan berat badan tidak bisa instan atau cepat. Kebiasaan-kebiasaan makan di atas perlu diterapkan dalam jangka panjang, atau berat badan akan kembali naik saat berhenti melakukannya. 

Nantinya, apabila berat badan sudah berangsur-angsur menurun, Anda dapat mencoba memulai melakukan aktivitas fisik, misalnya memperbanyak berjalan kaki, berdansa, atau olahraga ringan seperti aerobik dan yoga. Dengan olahraga teratur, kenaikan berat badan kembali biasanya sangat jarang terjadi.

Untuk informasi lebih lanjut, berkonsultasilah kepada dokter spesialis gizi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kalori labu siam yang rendah membuatnya cocok menjadi panganan program diet

Sangat Cocok untuk Diet, Berapa Sebenarnya Kalori Labu Siam?

Kalori labu siam amatlah rendah, yakni hanya sekitar 39 untuk rata-rata satu buah. Kalori labu siam yang rendah tersebut membuatnya cocok disisipkan dalam program diet penurunan berat badan. Jenis labu ini juga tinggi serat, rendah lemak, dan mengandung beragam nutrisi mikro.