Adakah Cara mengobati Stroke ?

AS Info Penanya: AS, Pria, 29 Tahun
Assalamualaikum dok, bagaimana menyembuhkan setroke? Saya ber umur 29 tahun udah terkena serangan setroke udah 5 tahun dan udah menjalani berbagai macam terapi tapi gk sembuh 2
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AS,

Waalaikumsalam. Stroke adalah suatu keadaan dimana sel otak tidak mendapatkan pasukan darah yang berisi oksigen dan nutrisi makanan, hal ini disebabkan beberapa keadaan diantaranya adanya sumbatan pada pembuluh darah otak biasanya disebut Stroke Iskemik atau karena pecahnya pembuluh darah otak biasanya disebut Stroke Hemoragik.

Pada kondisi dimana sel otak tidak medapatkan suplai darah maka akan terjadi proses kematian sel otak dimana nantinya akan mempengaruhi sistem kerja tubuh karena pusat kerja sistem tubuh manusia baik dari gerak tubuh, pernafasan, kerja jantung, pencernaan dan lain-lain diatur di dalam otak sebagai pusat pengendalinya. Efek dari stroke pun beraneka macam mulai dari pergerakan tubuh melemah, adanya mati rasa, bicara pelo hingga yang paling berat berakhir dengan kematian.

Beberapa tips agar terhindar dari stroke :

  1. Biasakan pola hidup sehat dengan tidak konsumsi junkfood, minyak dengan kadar kolesterol tinggi ataupun makanan yang mengandung lemak tinggi misal jeroan (paru, kikil dll) yang dikhawatirkan nantinya akan menyumbat pembuluh darah.
  2. Kurangi konsumsi garam dan Kopi pada penderita darah tinggi atau hipertensi, hal ini akan memicu naiknya tekanan darah secara drastis.
  3. Perbanyak istirahat dan kurangi begadang. Hal ini penting untuk menjaga kestabilan tekanan darah.
  4. Rajinlah olahraga agar metabolisme tubuh menjadi lebih optimal.
  5. Berhentilah merokok dan konsumsi Alkohol karena keduanya mampu menjadikan sumbatan pada pembuluh darah.
  6. Jagalah berat badan Anda, berat badan diatas normal rentan memicu terjadinya stroke.

Berikut saya sertakan artikel kesehatan mengena Waspadai gejala stroke dan Perbaiki sel saraf dengan Terapi 

Bila Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kolestrol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung tanpa gejala apapun

Nyeri di Belakang Leher Tanda Kolesterol Tinggi, Benarkah Demikian?

Banyak orang menganggap bahwa nyeri di belakang leher, sakit kepala, kesemutan, dan pegal-pegal adalah tanda dari kolesterol tinggi. Ternyata tidak ada gejala tertentu saat kadar kolestrol tinggi, namun dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.