04 Dec 2020, 18:48Kulit & Kelamin

Adakah cara alami untuk menghilangkan alergi gatal di wajah?

F
Info Penanya: F, Wanita, 26 Tahun
Dok, setiap makan udang pasti saya mengalami alergi gatal di wajah. Karena saya takut ke dokter, ada nggak sih cara alami untuk menghilangkan alergi gatal di wajah?
2973 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, FTerima kasih atas pertanyaannya.Reaksi alergi terjadi ketika terpajan alergen seperti mengkonsumsi makanan tertentu, terkena debu, udara dingin, atau tercium asap, serbuk bunga, ataupun bulu hewan.  Tubuh akan bereaksi terhadap alergen tersebut sehingga menimbulkan reaksi alregi.  Reaksi alergi dapat terjadi dimana saja terutama pada kulit wajah.Reaksi alergi karena makanan merupakan salah saru penyebab tersering yang timbul di wajah.  Mulai dari gatal-gatal di wajah hingga seluruh tubuh, bengkak pada kelopak mata atau sekitar mulut dan bibir.  Terkadang juga menimbulkan rasa tidak nyaman di perut.  Makanan yang menyebabkan alergi bervariasi namun yang sering ditemukan pada makanan laut atau makanan mengandung susu.  Ketika reaksi alergi yang cukup menganggu dapat diberikan obat anti alergi seperti chlorpeniramine maleat 1-2 kali sehari jika diperlukan. 

Beberapa cara alami untuk mengurangi rasa gatal di wajah akibat alergi, seperti :

  • Kompres dingin
    Dingin bisa didapat dari kompres dengan handuk dingin ataupun mandi air dingin. Dingin dapat meredakan rasa gatal, mengurangi bengkak, serta meredakan kemerahan di kulit.
  • Menggunakan gel aloe vera
    Aloe vera dapat menenangkan kulit yang gatal dan iritasi. Pastikan kulit wajah dalam keadaan bersih dan kering sebelum menggunakan produk in untuk hasil yang maksimal.
  • Minyak tumbuhan
    Gunakan pelembab yang mengandung olive oil, argan atau chamomile yang dapat meredakan gatal di wajah.
Apabila muncul bengkak pada wajah dan bibir yang tidak hilang, kesulitan dalam bernapas, serta bintik merah hingga ke seluruh tubuh, perlu pemeriksaan dokter guna penanganan lanjutan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
alergigatalalergi susuperawatan wajahalergi seafood
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil