Adakah bahaya vapor kecil untuk remaja 16 tahun?

F Info Penanya: F, Wanita, 24 Tahun
Malam dok, pagi ini saya menemukan anak remaja saya (berusia 16 tahun) memiliki vapor kecil di tasnya. Apakah ini berbahaya dok untuk remaja? Apakah ini sama dengan rokok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
Selamat siang, M. Vapor sama hal nya dengan rokok elektrik, yaitu sejenis alat yang bertujuan untuk mengantarkan nikotin secara elektrik. Prinsip kerjanya mengubah bentuk nikotin menjadi cair hingga ketika dipanaskan dapat menguap. Sering diidentikan dengan upaya berhenti dari merokok, uap dari vapor dipercaya dapat membantu mengurangi efek kecanduan yang ditimbulkan oleh rokok tradisional karena tidak memiliki kandungan tembakau. Namun demikian, vapor yang dimaksudkan untuk pengalih rokok ini juga memiliki berbagai efek samping yang dapat membahayakan tubuh. 

Adapun berbagai bahaya vapor bagi kesehatan, antara lainnya ialah : 

  • menyebabkan kecanduan
  • dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah
  • memicu adanya gangguan pada otak
  • mengakibatkan kerusakan pada jaringan paru-paru
  • memicu risiko penyalahgunaan alkohol
  • dapat memicu keinginan untuk merokok kembali
  • dapat memicu sakit mata
  • berisiko memicu kanker
  • dapat meledak dan mengakibatkan cedera
Mengenai pertanyaan Anda tentang bahaya nya bagi remaja berusia 16 tahun tentunya lebih berbahaya karena jika sudah dikenalkan sejak usia dini, risiko paparan lebih tinggi karena berpotensi untuk tetap menggunakan vapor tersebut hingga dewasa akibat sifat adiksinya. Sedangkan pada dasarnya kendati tidak mengandung tembakau dan dianggap lebih aman dari  rokok tradisional, tetapi berbagai jenis zat kimia lainnya yang terkandung pada vapor pun berbahaya bagi kesehatan Pasalnya bentuk uap pada vapor ini justru memudahkan penyerapan nikotin dan mengandung logam yang tinggi. Untuk itu ada baiknya untuk dihimbau bagi keluar dan saudara Anda untuk menjauhi vapor dan sejenisnya sejak dini sehingga tidak terlanjut menggunakan dan mengalami adiksi atau kecanduan. Salam sehat,  dr. Rahmita Dewi 
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya merokok bagi kesehatan dapat beragam, mulai dari kanker, penyakit jantung, hingga keguguran

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, Mulai dari Kanker Hingga Keguguran

Bahaya merokok bagi kesehatan memang tak main-main. Efek negatifnya dapat menyerang berbagai titik dan sistem di tubuh, mulai dari kesehatan fisik, psikologis, dan penampilan diri.