Kenapa panas naik turun disertai pusing dan sakit perut?

HP Info Penanya: HP, Wanita, 14 Tahun
Panas(turun terus naik lagi gak sembuh sembuh) , pusing, sesak napas kalau jalan, perut kayak ada yang neken(makannya kayak sesak gitu)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi HP, 

Demam adalah keluhan yang timbul ditandai dengan peningkatan suhu tubuh. Kondisi ini sering kali bisa timbul apabila tubuh sedang melakukan perlawanan pada infeksi di tubuh. Demam bisa timbul tersering disebabkan oleh infeksi saluran napas, infeksi saluran pencernaan, infeksi saluran kemih yang bisa timbul karena bakteri, virus ataupun parasit. Demam juga bisa disertai keluhan lain seperti batuk pilek, sakit kepala, nyeri perut, mual muntah dan lainnya.

Jika mengalami demam ada baiknya ceritakan pada orang tua agar bisa diantar memeriksakan diri secara langsung pada dokter. Sementara bisa minum air putih lebih sering, cukup istirahat, dan minum obat penurun panas seperti paracetamol. 

Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan dan penanganan dan juga bisa melakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan urine ataupun pemeriksaan lab darah. Upayakan tidak terlambat makan karena gangguan pencernaan seperti asam lambung juga bisa memicu sesak. 

Jika sesak makin berat, ada bunyi saat bernapas seperti ngik-ngik, demam tinggi, sakit kepala hebat, muntah maka perlu untuk segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk diberikan penanganan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala coronavirus atau COVID-19 dan flu biasa sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Gejala Coronavirus dan Flu Biasa

Perbedaan gejala coronavirus atau COVID-19 dan flu bisa dikenali dari gejala klinis kedua penyakit ini. Kenali perbedaannya di artikel ini agar dapat mendapatkan penanganan yang tepat.