Apakah ada obat untuk menyembuhkan plantar fasciitis ?

TL Info Penanya: TL, Pria, 46 Tahun
Ada obat yang menyembuhkan plantar fascitis
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, TL.

Plantar fasciitis merupakan kondisi peradangan pada jaringan yang berfungsi menyokong telapak kaki dan meredam getaran saat kaki berjalan, yang disebut dengan fascia atau jaringan penghubung tumit dan jari kaki. Apabila terjadi cedera pada jaringan tersebut, gejala yang umumnya ditimbulkan adalah nyeri dan bengkak pada tumit.

Karakteristik nyeri yang dirasakan umumnya terasa lebih buruk saat pagi hari, terutama saat melangkah atau menekan tumit. Nyerinya pun dapat berkembang secara bertahap dari waktu ke waktu mulai dari nyeri yang ringan hingga nyeri yang sangat berat. Beberapa penderita bahkan dapat merasakan sensasi panas terbakar di bagian bawah kaki. Selain itu, nyeri yang dirasakan justru terasa pada saat berhenti beraktivitas.

Mengenai pertanyaan Anda tentang obat untuk plantar fasciitis, sejatinya hanya bersifat sebagai pereda nyeri dan peradangan. Untuk penyembuhan yang menyeluruh, diperlukan berbagai tindakan penanganan seperti terapi fisik, penggunaan alat penopang, terapi gelombang kejut hingga pilihan terakhirnya yang berupa operasi, pada kondisi plantar fasciitis yang sudah sangat berat.

Maka ada baiknya berkonsultasi lebih lanjut pada dokter Spesialis Ortopedi untuk penangan yang terbaik sesuai dengan derajat keparahan kondisi yang Anda dialami.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menilai skala nyeri

Mengenal 11 Jenis Skala Nyeri dan Cara Menilainya

Skala nyeri digunakan untuk menilai tingkat keparahan rasa sakit yang dirasakan seseorang. Pengukuran ini bisa dilakukan dengan angka, gambar, hingga penjelasan yang lebih rinci dengan berbagai dimensi.