Ada melasma, wajah berminyak dengan pori-pori besar apa boleh menggunakan refaquin?

VF Info Penanya: VF, Wanita, 29 Tahun
Dok wajah saya ada melasma sedikit. Wajah saya berminyak dan pori2 agak besar. Boleh gk dok saya menggunakan refaquin.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang VF,

Melasma merupakan kondisi kulit yang mengalami hiperpigmentasi akibat perubahan hormon, biasanya ditemukan wanita dengan penggunakan pil KB, suntik KB, pada kehamilan. Selain hormonal melasma juga bisa disebabkan akibat paparan sinar ultraviolet yang berlebihan, obat-obatan dan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit.

Refaquin merupakan salep yang mengandung hidrokuinon, tretinoin dimana kandungan ini memang dapat memutihkan kulit namun pemakaiannya perlu diawasi oleh dokter karena pada kulit yang sensitif akan mudah teriritasi akibat paparan hidrokuinon, tretinoin yang akan menyebabkan kulit menjadi kemerahan,  panas dan mengelupas yang akan memperparah keadaan. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bercak kehitaman secara alami seperti menggunakan masker lidah buaya, perasan jeruk lemon, kentang, selain itu perlu menggunakan tabir surya ketika aktivitas diluar ruangan, hindari terik matahari sekitar jam 10 pagi hingga 4 sore.

Bila melasma sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut dan tentunya aman.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak kebiasaan yang memicu wajah cepat tua, seperti sering menggosok mata dan tidak menggunakan tabir surya yang tepat

Tanpa Aplikasi, Kebiasaan Ini Bisa Buat Wajah Menjadi Cepat Tua

Saat ini jagat dunia maya dihebohan dengan sebuah aplikasi, yang dapat membuat foto Anda menjadi tampak lebih berkeriput. Tanpa aplikasi tersebut pun, sebenarnya kulit wajah Anda akan terlihat cepat tua, akibat beberapa kebiasaan kecil dan kondisi berikut ini.