Titik berair pada leher, penyakit apa dan bagaimana mengobatinya ?

RM Info Penanya: RM, Wanita, 1 Tahun
Dokter saya ingin menanyakan , di leher ada titik yg seperti cacar , tapi saya tidak merasakan gatal pusing atau apapun titik itu seperti cacar apaya , tapi kata sodara dan temen saya berbeda pendapat ada yg bilang seperti cacar dan ada juga yg bilang seperti jerawat itu adalah penyakit apa ya , dan bagaimana cara mengobati nya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RMI.

Titik berair pada leher dapat disebabkan oleh berbagai gangguan kulit. Umumnya ruam kulit yang berair dapat berhubungan dengan kondisi infeksi virus maupun bakteri, alergi dan perdangan.

Adapun berbagai kondisi medis yang dapat menimbulkan bintik berair pada leher, antara lainnya ialah :

Mengenai keluhan bintik berair pada leher Anda, perlu diperiksakan karena setiap keluhan kulit membutuhkan pemeriksaan secara langsung. Jika keluhan bergerombol atau menyebar mungkin disebabkan oleh cacar, tetapi jika hanya satu atau dua bintik saja yang timbul mungkin disebabkan oleh folikulitis atau keadaan infeksi folikel kulit yang berambut, seperti halnya jerawat. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh faktor lainnya juga.

Sementara ini Anda dapat mengompres hangat bintik tersebut atau menggunakan gel lidah buaya untuk membantu mengatasinya. Namun apabila cairan yang terdapat pada bintik tersebut disertai dengan nanah, maka akan dibutuhkan pengobatan anti bakteri khusus yang dapat diresepkan oleh dokter pemeriksa. Anda dapat memeriksakan diri pada dokter terdekat terlebih dahulu atau secara langsung ke dokter Spesialis Kulit.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit kepala gatal dapat dipicu oleh baragam hal, termasuk ketombe dan kutu

Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Bahan Alami untuk Mengatasinya

Kulit kepala gatal tentu menyebabkan rasa tak nyaman. Berbagai faktor bisa menjadi penyebabnya. Namun jangan cemas, ada sejumlah cara alami untuk mengatasinya.