Keluar flek coklat dan darah kental warna hitam, tetapi mengapa belum haid ?

NS Info Penanya: NS
Selamat siang dok saya mau tanya 1 hari yg lalu saya ada flek coklat lalu hari ini ada darah kental bewarna hitam tapi kenapa belum haid ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NS.

Flek coklat secara alami dapat terjadi pada awal maupun akhir haid. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya darah yang mengendap di dalam alat reprodukasi wanita dan mengalami proses oksidasi atau kehilangan kadar oksigennya, sehingga berubah menjadi coklat atau bahkan kehitaman.

Namun demikian, ada pula flek coklat yang dipicu oleh beberapa kondisi medis tertentu, baik yang bersifat normal maupun tidak normal. Salah satu contoh pengeluaran flek coklat akibat dari kondisi medis yang normal adalah kehamilan. Flek coklat yang disebabkan oleh kondisi kehamilan biasanya berupa perdarahan implantasi, yakni perdarahan yang terjadi ketika bakal janin menempel pada dinding rahim. Adapun flek coklat abnormal yang berhubungan dengan kehamilan dapat terjadi karena kandungan yang lemah, kehamilan ektopik hingga proses keguguran.

Sedangkan flek coklat tidak nomal yang berhubungan dengan gangguan menstruasi umumnya dipicu oleh keadaan hormon yang tidak seimbang ataupun kondisi medis dan penyakit tertentu. Keadaan tersebut dikenal dengan istilah metroragia. Flek coklat pada keadaan ini terjadi diluar siklus menstruasi dan dapat membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Mengenai keluhan yang Anda alami, jika sebelumnya ada riwayat berhubungan seksual, Anda dapat memantau keterlambatan haid hingga minimal 10 hari dan melakukan test pack. Jika tidak ada, Anda dapat mencoba cara alami seperti yang tertera pada artikel berikut ini. Apabila keadaan tersebut berlanjut tanpa diikuti haid selama tiga bulan berturut-turut, periksakanlah diri Anda pada dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawatan merupakan salah satu tanda-tanda haid atau menstruasi.

Bersiaplah, Ini 9 Tanda-tanda Haid akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami kaum hawa setiap bulan. Tanda-tanda haid bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat, kram perut, mood, dan sebagainya.