16 Jun 2021, 18:33Penyakit Lainnya

Ada endapan berwarna putih di air kencing.

PP
Info Penanya: PP0
Dok, 2 hari ini saya melakukan suatu percobaan karena merasa ada yg berbeda sebab saya kencing banyak sekali, 10x sehari, tapi tidak nyeri. Akhirnya saya mau lihat warna urine, saya kencing di sebuah tong bekas cat, warna urine saya kadang kuning, kadang bening transparan. Iseng saya diamkan selama 1 hari hingga esok subuh, dan saya kaget ada endapan berwarna putih, dan urine berubah warna jadi hijau. Apa endapan itu dok? Apakah itu normal?
990 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi PP,Urin adalah salah satu cara tubuh membuang zat-zat beracun atau zat-zat yang sudah tidak bermanfaat bagi tubuh. Selain melalui urin, tubuh juga mengeluarkan zat-zat yang tidak berfungsi itu melalui keringat ataupun kotoran ketika BAB.Mengenai frekuensi kencing Anda yang mencapai 10 kali dalam 1 hari maka tentunya tergantung jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Cairan ini bisa berbentuk minuman ataupun makanan berkuah, termasuk buah-buahan dan sayuran. Jadi seharusnya yang Anda lakukan adalah mencatat berapa kurang lebih cairan yang Anda minum dengan jumlah urin yang keluar.Perihal muncul endapan pada urin mungkin saja terbentuk dari tong yang Anda gunakan atau memang ada kristal-kristal bakal batu pada urin Anda. Anda perlu memastikannya dengan melakukan cek urin lengkap menggunakan urin yang Anda keluarkan secara langsung, bukan hasil endapan.

Tips menjaga kesehatan ginjal:

  • Banyak minum air putih minimal 2 liter/ hari.
  • Sebisa mungkin batasi makanan atau minuman yang banyak mengandung zat pewarna.
  • Hindari kebiasaan menahan kencing.
  • Jaga kebersihan kelamin.
Lakukan pemeriksaan urin lengkap dan tunjukkan hasilnya ke dokter terdekat untuk memastikan kondisi Anda.Salam sehat,dr. Vina
batu ginjalpenyakit ginjalurine
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil