Ada bintik hitam di kepala penis

NR Info Penanya: NR, Pria, 21 Tahun
Halo dok, maaf mau tanya di penis saya itu ada 2 bintik di kepala penis, yang satu warnanya jelas hitam, yang satu samar2 seperti warna coklat seperti bekas luka, apakah tidak apa2 dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NR,

Bintik hitam pada kepala penis adalah keluhan yang bisa timbul disertai gejala gatal ataupun tanpa gejala. Penyebabnya bisa masalah pada kulit, infeksi menular seksual, iritasi, ataupun penyebab lain. Beberapa kemungkinan penyebabnya diantaranya adalah:

  • Tahi lalat atau nevus
  • Hiperpigmentasi kulit bisa diawali karena reaksi alergi atau iritasi
  • Kutil kelamin
  • Infeksi virus lain seperti molluscum contagiosum tapi seringnya bintiknya berwarna putih, infeksi herpes genitalis
  • Iritasi pada kulit

Apabila ada riwayat hubungan seksual sebelumnya terutama jika diluar nikah, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan apa penyebabnya.

Apabila disebabkan oleh infeksi menular seksual seperti kutil kelamin atau herpes genitalis perlu diatasi hingga tuntas, karena bisa menular pada orang lain. Nantinya akan diberikan pengobatan dan juga tindakan untuk menghilangkan bintik yang timbul tersebut.

Hindari menggaruk ataupun mencoba menghilangkannya dengan bahan tertentu, salep ataupun bahan alami agar tidak menimbulkan masalah lain pada kulit penis tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NR
16 Jul 2020, 15:48
Tapi warnanya itu hitam bentuknya bulat seperti tahi lalat, yang kedua seperti karang/titik warna hitam kecoklatan, saya belum menikah ataupun seks bebas? Apakah tidak apa2? Aman?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
18 Jul 2020, 06:02
Selamat pagi, NR.
Sebaiknya dipastikan terlebih dahulu ke dokter kulit dan kelamin ya apakah memang hal yang terjadi pada diri Anda hanyalah tahilalat yang tumbuh dan tidak membahayakan.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebelum melakukan perawatan spa vagina, pastikan kebersihan dan kehigienisan tempat spa

Spa Vagina Ternyata Belum Tentu Aman untuk Anda

Jika vagina bisa menjaga kadar pH-nya sendiri, untuk apa repot-repot melakukan perawatan spa vagina yang belum tentu aman? Sama seperti facial, perawatan ratus vagina boleh saja dilakukan asalkan tetap memerhatikan keamanan prosedur.