29 Jun 2020, 23:59Kulit & Kelamin

Ada benjolan disekitar vagina di bawah perut

A
Info Penanya: A0
Dok saya ada benjolan di bawah perut lebih ke arah vagina. Saya merasakan itu sejak kecil. Jika dilihat besar kiri dan kanan tidak sama. Diraba dibagian yg besar itu seperti ada benjolan sebesar biji salak. Sejak kecil saya tidak merasa sakit apa2 tapi semenjak saya berusia 20th ke atas saya mulai merasakan sakit atau pegal2 terlebih setelah saya menikah rasa sakit di dalam perut ketika berhubungan dengan suami. Sekarang usia saya 28th semakin kesini semakin sakit. Tapi ukuran nya tidak berubah
9874 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam A, Benjolan disekitar vagina adalah benjolan yang bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti diantaranya adalah adanya kista di kemaluan seperti kista bartholin, adanya infeksi kulit, adanya hernia, adanya varises di pembuluh darah vagina ataupun penyebab lain.Apabila benjolan semakin membesar ataupun menimbulkan gejala seperti rasa nyeri saat berhubungan seksual, nyeri saat menstruasi ataupun keluhan lain maka perlu diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan, nantinya bisa dilakukan pemeriksaan USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.Untuk mengurangi gejala yang timbul bisa dilakukan beberapa cara seperti:
  • Kompres dengan air hangat
  • Mandi air hangat
  • Minum obat pereda nyeri seperti parasetamol 500mg atau ibuprofen 200 mg diminum jika nyeri saja
  • Menggunakan pelumas tambahan jika mengalami rasa nyeri saat berhubungan seksual
Apabila keluhan tidak membaik maka perlu segera diperiksakan untuk dipastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan yang sesuai baik pemberian obat tambahan ataupun rencana untuk tindakan lebih lanjut. Smeoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kistakista bartholinorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil