12 Nov 2020, 22:41Kulit & Kelamin

Mengapa muncul benjolan pada selangkangan?

DS
Info Penanya: DS, Wanita, 32 Tahun
Assalamualaikum,selamat malam dok,maaf mengganggu dan pertanyaan saya agak jorok....mengenai suami saya..kok didekat buah zakar suami saya ada benjolan dulu itu kecil tp sekarang besar,kadang kalok benjolan itu didekat lakang rsanya sakit,utk tiduran aja sakit tapi klo buat duduk yang dirasakan enak,nyaman....tapi kalok benjolan itu bisa masuk disela2 perut gak merasakan sakit ..yang dirasakan sakit malah saat benjolan itu turun kebawah ke dekat buah zakar....saya mintak tolong dok gimn solusiny
834 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, DSLTerima kasih atas pertanyaannya.Benjolan di selangkangan dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman terutama pada kondisi tertentu. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal.  Terkadang benjolan di selangkangan dapat hilang dengan sendirinya tetapi ada pula yang perlu tindakan lanjut.

Kondisi yang menyebabkan benjolan pada selangkangan :

  • Kelenjar getah bening yang membesar
    Apabila tubuh mengalami infeksi bakteri atau virus dapat terjadi pembengkakkan kelenjar getah bening, salah satunya pada selangkangan sehingga menimbulkan benjolan yang disertai demam, flu batuk, nyeri di selangkangan.
  • Hernia
    Keluarnya usus karena melemahnya jaringan otot dan jaringan ikat yang menopang organ dalam.  Sehingga akan membentuk benjolan pada selangkangan.  Benjolan akan tampak jelas dan sakit saat mengangkat beban, batuk, ataupun mengejan. 
  • Hidrokel
    Adanya penumpukan cairan pada buah zakar dapat membentuk suatu benjolan.  Buah zakar juga akan terasa tidak nyaman dan berat.
  • Kista
    Kantong tertutup yang berisikan jaringan, nanah ataupun darah.
  • Abses
    Adanya infeksi bakteri pada kulit sekitar kelamin sehingga menimbulkan benjolan berisi nanah.  Umumnya benjolan ini akan disertai nyeri dan panas.
Apabila keluhan suami sudah sangat menganggu dan menimbulkan rasa nyeri tidak ada salahnya periksa ke dokter spesialis bedah guna dilihat penyebab pasti dari benjolan tersebut sehingga penanganan dapat lebih tepat.  Sementara ini, usahakan untuk suami tidak mengangkat beban berat terlebih dahulu, hindari memegang atau menyentuh benjolan terlalu sering, perbanyak minum air putih.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kistahidrokelhernia inguinallimfadenopati
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil