11 Sep 2019, 17:20Pernapasan

Ada benjolan di dalam rongga hidung pernah sampai berdarah

FS
Info Penanya: FS, Wanita, 2019 Tahun
Ada benjolan di dalam rongga hidung,saat saya sentuh untuk membersihkan kotoran hidung,hidung saya terasa perih bahkan pernah sampai berdarah....sehingga membuat nafas saya menjadi tersumbat seperti orang pilek....penyakit apakah itu dok?? Kira2 berbahayakah?
30234 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang FSN,Adanya benjolan didalam hidung dapat timbul karena beberapa penyebab seperti:
  • Polip hidung atau adanya jaringan lunak bertangkai yang mudah berdarah, timbul karena beragam penyebab seperti alergi, obat-obatan tertentu, peradangan saluran napas dan alinnya
  • Infeksi folikel rambut hidung akibat infeksi bakteri
  • Adanya tumor atau keganasan pada nasofaring tetapi lebih jarang
Pada polip hidung sendiri dapat menimbulkan gejala seperti hidung tersumbat, penurunan kemampuan mencium, mimisan, mendengkur, nyeri wajah, dapat memicu sinusitis, hidung berair dan kondisi lain. Penanganan polip hidung sendiri adalah dengan pemberian obat untuk mengecilkan polip tetapi jika besar dan mengganggu maka perlu dilakukan tindakan untuke menghilangkan polip.Untuk itu ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter spesialis THT untuk penanganan lebih lanjut. Nantinya akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Jaga kebersihan saluran napas dengan menggunakan masker saat berada di lingkungan luar, membilas hidung dengan larutan saline atau air garam, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas dan hindari pencetus alergi untuk mencegah timbulnya gejala. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Adhi P.
hidung tersumbatpolip hidunghidung berdarah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil