Benjolan di bawah rahang kiri, apa penyebabnya?

AA Info Penanya: AA
Mlm dok saya mau tanya.. saya udah sepuluh hari ada benjolan bulat keras di sertai bengkak di bawah rahang kiri klu di teken sakit.. Tpi nelen gk sakit dan tidak demam apa penyebab nya dok mohon di jawab... Makasih seblm nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AA.

Benjolan di bawah rahang paling sering disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening, yang dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti infeksi gigi berlubang, radang tenggorokan, otitis (infeksi telinga), limfoma, dan berbagai kondisi lainnya. Benjolan biasanya berukuran kecil, dapat digerakkan, dan terkadang bisa disertai nyeri.

Selain karena pembesaran kelenjar getah bening, beberapa penyebab lainnya adalah:

  • Infeksi kelenjar ludah
  • Sialolithiasis (batu pada saluran air liur)
  • Furunkel (bisul) atau abses
  • Lipoma

Apabila benjolan tidak membesar, sebaiknya Anda memantau dulu kondisi tersebut sambil mengonsumsi sayur, buah, makanan bergizi lain, dan air putih yang cukup. Apabila ada gigi berlubang, segera tambal atau cabut gigi tersebut. Lalu, hindari memencet atau menekan benjolan, karena dapat memicu terjadinya infeksi.

Tetapi, apabila benjolan membesar dengan cepat, atau disertai rasa nyeri yang sangat hebat, ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis bedah onkologi. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, dan akan memberikan penanganan yang sesuai, baik berupa obat atau tindakan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh BA
06 Sep 2020, 02:36
Penjelasannya disini bun https://shrinke.me/f0qlci
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bisul di kemaluan pria tidak termasuk penyakit kelamin pria yang berbahaya

Ternyata Ini Penyebab Munculnya Bisul di Kemaluan Pria

Penyakit kelamin pria memang cukup beragam. Mulai dari tidak berbahaya hingga sangat berbahaya, contohnya bisul. Bisul di kemaluan pria umumnya tidak ganas.