Ada apa dengan pinggang sehingga tidak tidak bisa berjalan tegak dan menarik napas dalam?

A Info Penanya: A, Wanita
Assalamualaikum dok. Saya mau bertanya pinggang sebelah kanan bagian belakang saya sakit dan nyeri, saat itu saya dalam kondisi duduk ketika saya tegakkan badan saya nyeri di bagian tersbt bahkan saat tarik nafas saja nyeri,lalu saya diamkan tidak bergerak terlalu banyak nyerinya hilang.apakah kondisi ini berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Ibu AA,

Memastikan lokasi dari rasa sakit yang dirasakan akan mengetahui kemungkinan penyebabnya juga umur dan pekerjaan untuk memberi gambaran seorang individu. Keluhan yang digambarkan sebagai sakit pinggang kanan yang memberat ketika menegakkan badan atau menarik nafas dalam dapat disebabkan oleh:

1. Sprain atau strain otot

Karena pinggang banyak terlibat dalam pekerjaan sehari-hari dan merupakan poros keseimbangan berat badan seturut gaya gravitasi maka tarikan-tarikan terhadap otot, jaringan ikat, bahkan pada kasus benturan yang berat dapat sebabkan peradangan otot, terkilirnya jaringan ikat atau ligamen bahkan sampai ada pergeseran ruas tulang belakang yang menekan saraf tulang belakang. Kasus seperti ini umumnya diawali dengan kejadian angkat-angkat berat, melakukan gerakan memutar-mutar pinggang berulang-ulang, terjatuh dalam posisi duduk atau terguncang-guncang dalam waktu yang lama dalam posisi duduk (misal berkendara berjam-jam pada kondisi jalan rusak). Prinsip pertolongan pertama pada cedera otot dan jaringan ikat ialah mengistirahatkan dari gerakan berlebih dan mengangkat beban, memberikan terapi lokal pereda nyeri seperti kompres es batu dibungkus kain atau balsam gosok atau koyo pelemas otot.

2. Gangguan organ dalam di luar rongga perut (retroperitoneal) seperti batu pada saluran kemih

Manusia memiiki ginjal yang terletak setinggi pinggang bagian atas, masing-masing satu pada kiri dan satu pada kanan. Lalu di antara ginjal dan kandung kemih ada saluran keluar yang disebut ureter. Nyeri pinggang dapat terjadi karena tersumbatnya aliran perkemihan. Batu dapat ada di ginjal atau batu berpindah menuju ureter. Keluhan sakit pinggang sebelah kanan pada penderita batu ginjal seringkali menjalar ke perut bawah sampai ke paha sisi kanan juga. Muncul berat selama beberapa menit sampai setengah jam lalu hilang. Berulang lagi sampai beberapa kali dalam sehari. Dapat ditemukan mual, muntah, buang air kecil yang berwarna merah. Batu ginjal yang kecil dapat keluar sendiri dengan bantuan peluruh batu alami, batu yang berukuran sampai 5 mm atau lebih kemungkinan membutuhkan tindakan dokter bedah.

3. Gangguan organ dalam di dalam rongga perut (intraperitoneal) seperti usus buntu

Gejala nyeri pada usus buntu berawal dari pusar, lalu bergerak fokus nyerinya ke perut kanan bawah. Rasa nyeri bertambah parah saat berjalan, batuk, bersin, atau menarik napas dalam seperti cerita Ibu.

Untuk menentukan penanganan yang tepat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter umum. Dokter akan memeriksa tanda vital dan suhu, pemeriksaan perut untuk lokalisasi nyeri dan beberapa manuver untuk membedakan asal nyeri apakah otot, organ luar perut, atau organ dalam perut. Dokter juga akan memeriksa darah. Pada kasus infeksi seperti usus buntu dan batu ginjal dengan infeksi urin maka sel darah putih akan meningkat. Jika perlu untuk melihat serabut saraf yang terganggu, atau batu pada sepanjang aliran saluran kemih dari ginjal ke kandung kemih, dan juga melihat usus buntu yang mebengkak dan tersumbat dapat dilakukan USG atau di RS besar MRI atau CT-Scan.

Yang dapat dilakukan di rumah adalah :

  • Beristirahat cukup
  • Batasi aktivitas fisik yang dapat memperparah gejala
  • Boleh minum paraetamol, boleh juga menggunakan koyo atau krim atau balsam nyeri otot
  • Minum cukup air putih 2-3 liter sehari dan berkemihlah setidaknya tiap 4 jam agar tidak ada endapan pada saluran kemih.
  • Amati apakah urin nampak berbusa atau merah
  • Ukur suhu bila demam
  • Hindari mengurut bagian pinggang yang sakit karena jika tidak berhati-hati dapat mencederai saraf atau organ dalam

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab nyeri otot saat olahraga bisa disebabkan karena adanya otot yang robek

Penyebab Nyeri Otot saat Berolahraga

Nyeri otot dapat terjadi akibat adanya robekan kecil mikroskopis pada jaringan otot. Robeknya otot ini dapat dikategorikan sebagai cedera ringan. Untuk mengatasi nyeri otot saat olahraga, istirahat yang cukup dan minum obat pereda nyeri.