Bagaimana mengatasi depresi?

EP Info Penanya: EP, Pria, 20 Tahun
saya pernah menjalin hubungan dengan seorang wanita,karena banyaknya masalah dari dia selingkuh sampai berbeda pendapat,akhirnya kita berpisah,waktu itu saya depresi hingga mengalami sedih yang berlarut - larut,setelah 1tahun berlalu dia menghubungi saya kembali dan bilang masih sayang,karena saya masih ada rasa saya terima,tapi setelah 1bulan berlalu saya merasa kurang nyaman mempunyai hubungan dengan dia lagi,lalu kami berpisah lagi,tapi saya merasa masih sayang,saya harus bagaimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi yang Anda alami ini bisa menjadi kondisi depresi ringan akibat hubungan Anda dengan pasangan Anda. Depresi merupakan gangguan perasaan yang menyebabkan perasaan sedih terus menerus dan tidak kunjung menghilang sehingga membuat seseorang tidak dapat melakukan aktivitas secara wajar. Gejala dari depresi ringan itu sendiri yaitu hilangnya minat terhadap aktivitas, sedih yang terlalu lama, gangguan tidur, gangguan pada nafsu makan, kehilangan semangat, keinginan untuk bunuh diri, dan kehilangan untuk berkonsentrasi. 

Untuk mengatasi keadaan Anda ini, Anda bisa melakukan hal berikut ini: 

  • Melakukan rutinitas baru.
  • Berolahraga.
  • Menentukan target baru.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat.
  • Tidur yang cukup. 
  • Melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia.

Selain cara diatas, Anda juga bisa melakukan komunikasi yang baik terhadap pasangan Anda. Selesaikan masalah dengan kepala dingin dan saling jujur satu sama lain tentang perasaan Anda ini. Semoga dengan tips diatas, dapat membantu Anda dan pasangan Anda untuk rujuk kembali.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang tidak tahu bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.

Sebelum Anda Membantu Penderita Depresi, Pahami Gejalanya Terlebih Dahulu

Dengan banyaknya persepsi salah mengenai depresi di media sosial atau platform lainnya, menunjukkan bahwa banyak orang tidak tahu apa itu depresi dan bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.