11 Mar 2021, 01:03Kepala

Mendengar suara-suara di telinga, apa penyebabnya?

LJ
Info Penanya: LJ0
Malam dok, mau tanya.. kok ada suara kecil, samar yang mengikuti suara yang saya dengar ya dok. rasanya seperti suara yang menggema dan itu hanya di telinga kiri saja. kira² kenapa ya dok?
135 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, LJ.Telinga adalah satu dari panca indra manusia. Fungsi telinga adalah untuk mendengar bunyi atau suara. Sehingga, apabila Anda mendengar sesuatu yang memang benar-benar ada, maka berarti telinga Anda normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Penyebab Seperti Mendengar Suara

Tetapi, apabila suara yang Anda dengar sebenarnya tidak ada, maka ada dua kemungkinan penyebab yang dibedakan berdasarkan jenis bunyinya:

1. Gangguan kejiwaan

Gangguan kejiwaan psikotik, misalnya skizofrenia, ditandai dengan gejala sering mendengar suara yang tidak ada. Hal ini dikenal dengan istilah halusinasi auditorik. Biasanya, jenis suara tersebut jelas, mengucapkan kata atau kalimat tertentu. Terkadang, penderita gangguan kejiwaan juga dapat berkomunikasi dua arah dengan sumber suara tersebut.

2. Gangguan telinga

Gangguan telinga seperti vertigo, penyakit meniere, atau benda asing yang masuk juga dapat memicu suara yang samar. Perbedaannya adalah, apabila disebabkan oleh gangguan telinga, maka biasanya suaranya tidak jelas, hanya seperti angin yang mendesis. Keluhan dapat dirasakan pada satu ataupun dua telinga.

Solusi untuk Mendengar Suara

Nah, terkait kondisi Anda, sebaiknya tentukan dulu karakteristik suara yang Anda dengar. Pasalnya, masing-masing penyebab memiliki penanganan yang tentu berbeda. Apabila suara terdengar jelas, konsultasikan lebih lanjut ke psikiater; namun apabila hanya desisan, Anda bisa berkonsultasi ke dokter THT. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
vertigohalusinasitelinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil