Bagaimana cara penanganan abortus inkomplit?

RO Info Penanya: RO, Wanita, 22 Tahun
Siang dok, mohon pertanyaan saya dijawab dok karena lanjutan daru pertanyaan saya sebelumnya. Saya sudah di vonis sm dokter bahwa abortus incomplit ada sisa jaringan, bagaimana mengeluarkannya tanpa kuret dok? Karena saya tidak punya biaya untuk kuret dok. Terimakasih. Mohon jawabannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RO.

 

Abortus atau lebih dikenal dengan sebutan keguguran merupakan terjadinya kematian janin didalam kandungan sebelum usia kandungan 20 minggu. Hal ini tentunya bukan hal yang mudah dihadapi oleh seorang ibu. 

Abortus inkomplit adalah saat kondisi ini terjadi, jaringan janin yang telah mati tidak dapat keluar dari rahim sepenuhnya dan masih ada sisa di dalam rahim. Sehingga menyebabkan wanita mengalami kondisi perdarahan terus menerus hingga kram perut.

Pada kondisi tertentu abortus inkomplit dapat ditunggu hingga jaringan keluar sepenuhnya namun membutuhkan waktu lama.

Berikut ini merupakan penanganan yang dilakukan terhadap kondisi abortus inkomplit:

  1. Menunggu respon tubuh untuk mengeluarkan sisa jaringan sendiri. Namun hal ini dapat membuat perdarahan yang lama serta Anda harus melakukan kunjungan rutin untuk memantau banyaknya perdarahan yang keluar.
  2. Mengonsumsi misoprostol. Pemberian obat guna mempercepat proses pengeluaran sisa jaringan janin dalam rahim. Namun ini juga harus dalam pengawasan dokter.
  3. Tindakan kuretase. Cara ini memang yang paling aman dan efektif untuk mencegah terjadinya perdarahan yang banyak.

Terkait dengan pertanyaan Anda jika sudah dipastikan bahwa Anda mengalami abortus inkomplit, dapat ditangani dengan cara lain selain dari kuretase namun Anda harus konsultasikan kondisi ini dengan dokter spesialis kandungan Anda ya.

Sebaiknya tetap banyak minum untuk mencegah dehidrasi akibat banyaknya darah yang keluar serta makan sayur dan buah yang banyak mengandung zat besi seperti sayur bayam.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Janin cegukan berbeda dengan tendangan di perut

Kenali Perbedaan Janin Cegukan dan Tendangan Janin di Perut

Janin cegukan dan tendangan pada janin merupakan dua hal yang berbeda. Cegukan umumnya terjadi pada satu area perut saja, sementara tendangan janin bisa terjadi di area yang berbeda-beda.