09 Oct 2020, 15:34Kandungan

Usia kehamilan, bagaimana cara mengetahuinya?

FA
Info Penanya: FA0
Jika HPHT 19 juli 2020 maka pada 9 Oktober2020 usia janin berapa ya doc?
371 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, FTerima kasih atas pertanyaan AndaKehadiran buah hati adalah kondisi yang dinantikan oleh pasangan suami istri. Oleh sebab itu, saat terjadi kehamilan, hampir setiap pasangan suami istri ingin mengetahui bagaimana cara menghitung usia kehamilan.  

Adapun beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan di antaranya yaitu:

  • Berdasarkan HPHT
    HPHT adalah hari pertama haid terakhir, cara perhitungan ini adalah cara manual. Dengan mengetahui HPHT, maka dapat diketahui usia kehamilan dan juga hari perkirana lahir (HPL). Perhitungan dengan cara ini, sebaiknya dilakukan pada wanita dengan siklus haid berkisar 28 hari.
  • Menggunakan alat scanning
    Alat scanning (USG kehamilan) adalah alat yang menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Dengan menggunakan alat USG kehamilan yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan, maka dapat mengetahu usia kehamilan, kondisi perkembangan dan pertumbuhan janin, jenis kelamin janin, mendeteksi adanya cacat bawaan, memperkirakan HPL, dan lain sebagainya.
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika HPHT 19 Juli 2020 maka pada tanggal 9 Oktober 2020 terhitung sekitar kurang lebih 11 minggu. Untuk lebih memastikannya, lakukanlah pemerisaan ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan USG kehamilan.

Tips sehat untuk ibu hamil adalah:

Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
menjaga kehamilanhamilkehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil