Kenapa saya kencing darah?

A Info Penanya: A, Wanita
Dok saya harusnya haid bulan Maret tgl 10 tapi tidak haid kemudian bulan April saya menikah tgl 5 dan saya haid tgl 5 itu... Dan tgl 11 saya berhenti haid langsung berhubungan suami istri ... Dan keluar darah banyak Dok .. itu penyebabnya apa yh Dok dan saya harus apa karena kalau pipis keluar darah dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, A.

Kencing bercampur darah menandakan adanya masalah pada saluran kemih ataupun ginjal. Tentunya hal ini membuat khawatir, namun kita tetap harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Hal yang menyebabkan kencing bercampur darah di antaranya:

  • Infeksi saluran kemih, gejalanya nyeri saat berkemih, rasa panas saat berkemih, urin keruh bahkan bercampur dengan darah, kadang disertai dengan demam dan menggigil.
  • Batu saluran kemih, dapat disebabkan karena kurang minum, gejalanya berupa nyeri hebat pada perut atas menjalar ke bagian perut bawah, kencing keruh dan dapat berdarah, mual muntah.

Dari keluhan yang Anda alami, masalah yang terjadi bukan dikarenakan haid Anda bermasalah atau tanda kehamilan. Darah yang keluar pada saat Anda kencing bisa dikarenakan infeksi ataupun iritasi pada saluran kencing. Sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis urologi agar dapat dilakukan pemeriksaan secara fisik, laboratorium darah dan urin, serta USG pada ginjal Anda.

Berikut pencegahan yang harus dilakukan agar tidak terkena infeksi saluran kemih lagi:

  • Sebaiknya jaga kebersihan organ vital Anda dengan mencucinya menggunakan air rebusan daun sirih
  • Sering mengganti celana dalam agar tidak lembab
  • Minum air minimal 2 liter perhari
  • Biasakan untuk tidak menahan kencing
  • Kurangi asupan garam
  • Olahraga teratur

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ

Salam Sehat,

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Demam rematik pada anak bisa terjadi ketika radang tenggorokan akibat infeksi bakteri Streptococcus tidak tertangani dengan baik

Jangan Sepelekan Infeksi Tenggorokan, Bisa Berujung Demam Rematik pada Anak

Demam rematik pada anak biasanya terjadi ketika si Kecil berusia 5-15 tahun. Penyebab demam rematik pada anak adalah bakteri Streptococcus yang berpindah dari saluran pernapasan ke katup jantung melalui peredaran darah.