7 bulan tidak menstruasi, apa penyebabnya?

NS Info Penanya: NS
Selamat pagi dokDok saya memiliki masalah tidak lancar nya menstruasi, saya sekarang udah 7 bln ngga menstruasi,di test pek hasil nya negative, sebelum menikah menstruasi saya lancar2 aja dok, ga pernah telat alhamdulillah selalu sesuai jadwal,nah setelah udah menikah selama 2th saya menstruasi cuman 4x aja, 1. Telat 4bln, 2. Telat 7 bln, 3. Telat 5 bln. 4. Telat 5 blnSetelah ituh sekarang saya ngga menstruasi lagi udah 7 bln kenapa ya dok ? Sebelumnya terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NS,

Amenorea adalah keluhan tidak datang bulan selama lebih dari 90 hari berturut-turut. Amenorea sendiri merupakan kondisi yang bisa terjadi karena beberapap enyebab seperti:

  • Masalah hormonal
  • Adanya gangguan di reproduksi seperti PCOS
  • Penggunaan alat kontraspesi
  • Masalah pada gaya hidup
  • Perubahan berat badan yang drastis
  • Mengalami masalah kesehatan lain
  • Adanya penggunaan obat-obatan atau produk perawatan wajah dan kulit tertentu

Pemeriksaan untuk mengatasi amenorea

Apabila sering kali mengalami menstruasi yang jaraknya jauh-jauh siklusnya, baiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kanduangan dan kebidanan. 

Nantinya akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti USG ataupun pemeriksaan lab darah termasuk pemeriksaan hormonal.

Nanti akan diberikan penanganan sesuai penyebabnya, baik dengan pemberian obat terapi hormonal ataupun jika ada penyebab lain yang memerlukan tindakan medis. 

Upayakan menjaga gaya hidup agar lebih sehat untuk membantu menjaga kesehatan dan melancarkan siklus menstruasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

sakit kepala saat haid menjadi salah satu masalah yang cukup banyak terjadi pada wanita

Mengenal Penyebab Sakit Kepala Saat Haid dengan Cara Mengatasinya

Salah satu keluhan yang dapat wanita rasakan saat menstruasi, yaitu sakit kepala. Sakit kepala saat haid bisa membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Lantas, bagaimana mengatasinya?