60 hari setelah melahirkan masih terasa nyeri perut ?

II Info Penanya: II, Wanita, 21 Tahun
Setelah melahirkan udah 60 hari tapi perut masih terasa sakit itu kenapa yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, II.

Proses melahirkan adalah sebuah proses yang memberi trauma yang hebat pada tubuh wanita. Bila Anda melahirkan secara normal, daerah panggul Anda akan memerlukan waktu untuk pemulihan dari persalinan. Bila Anda melakukan operasi cesar yang melakukan pemotongan pada kulit, otot, dan lemak. Sehingga masih sering terasa ngilu, nyeri dan pegal karena proses pemulihan yang belum tuntas terutama jika operasi dalam keadaan darurat bukan elektif. Karena pada proses cesar darurat terjadi luka operasi yang lebih besar.

Setelah lahirnya bayi, rahim yang besar harus mengecilkan ukurannya dengan cara kontraksi. Sehingga masih bisa keluar darah dan mules-mules. Kemudian jika menyusui secara eksklusif juga keluar hormon yang merangsang kontraksi tersebut. Dengan semakin kuatnya kontraksi semakin cepat rahim kembali ke ukuran sebelum hamil.

Untuk mengatasinya gunakan obat anti nyeri yang dijual bebas. Jangan dibiarkan karena akan menjadi kronis. Selain itu bisa dengan menggunakan kompres dingin untuk mengurangi nyeri di daerah tersebut. Bila belum teratasi konsultasikan kembali dengan Dokter langganan Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini