6 bulan lalu kecelakaan sampai sekarang tangan belum berfungsi dengan baik, apakah masih bisa dioperasi?

YN Info Penanya: YN, Wanita, 30 Tahun
Dok..saya mau bertanya dok..Saya 6bulan yg lalu kecelakaan dan patah di lengan sebelah kanan tapi saya d bawa sm keluarga ke tukang patah tulang dan smpai skrng tangan saya blm sembuh" buat salaman sm orang saja tidak bisa dok. Tulang saya juga suka bunyi dok kaya kopong.Apakah saya bisa melakukan operasi dok??? Agar bisa sembuh...Mohon di balas dok..terima kasih??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, YN

Terimakasih atas pertanyaannya.

Tindakan operasi masih bisa dilakukan untuk memperbaiki posisi dan fungsi dari lengan kanan anda. Pada saat anda patah tulang, sebetulnya ada banyak hal selain tulang yang perlu dievaluasi. Seperti jaringan otot, sendi dan saraf yang berada disekitar tulang. Agar hasilnya baik posisinya dan fungsi lengan juga optimal sebaiknya dilakukan operasi oleh Dokter Spesialis Orthopedi. Tindakan operasinya disebut ORIF (Open Reduction Internal Fixation). "Open reduction" artinya dokter bedah akan melakukan sayatan kemudian memposisikan tulang dengan baik. Setelah posisi baik selanjutnya akan dipasang "internal fixation" untuk menjaga tulang posisinya tidak berubah sampai dengan waktunya untuk dilepas kembali pinnya.

ORIF juga membantu pada tulang yang sebelumnya diposisikan tanpa sayatan disebut "closed reduction". Tujuan operasinya untuk mengurangi nyeri dan mengembalikan mobilitas anggota tubuh.

Resiko dan efek samping operasi

- infeksi bakteri

- perdarahan

- bekuan darah

- reaksi alergi

 

Sebaiknya anda konsultasi dengan Dokter Spesialis Orthopedi tentang fraktur tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.

 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

YN
29 Jul 2019, 11:18
Dok,di RS Mitra Keluarga bekasi jika mau melakukan Operasi yg dokter saranankan di atas bisa menggunakan kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) dok dan apa bisa ditangani dok? jika bisa persyaratan nya apa dok krna saya sudah tidak bekerja selama saya kecelakaan yg mengakibatkan lengan saya patah. Mohon di respon kembali dok terimakasih?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hernia dapat diatasi dengan melakukan operasi hernia

Dua Jenis Operasi untuk Mengatasi Hernia

Hernia atau turun berok terjadi ketika organ dalam tubuh mendorong atau menekan jaringan otot, maupun jaringan ikat yang melemah. Untuk mengatasi hernia, 2 jenis operasi dapat Anda lakukan.