Test pack positif pasca keguguran ataukah hamil kembali ?

EL Info Penanya: EL, Wanita, 28 Tahun
Pagi dok, saya ingin bertanya saya mengalami keguguran di awal bulan ini, bersih ditanggal 9, lalu saya hb dgn suami dr tanggal 17 sampai 19. Hari ini saya test pack hasilnya 2 garis, tp yg satunya samar. Apakah saya hamil kembali dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ELH.

Test pack positif umumnya mengindikasikan peningkatan aktivitas hormon kehamilan (hCG) yang signifikan. Dengan kata lain, dapat menadakan adanya proses kehamilan pada rahim. Akan tetapi hal tersebut tidaklah mutlak karena selain kehamilan normal yang terjadi pada umumnya, peningkatan produksi hormon kehamilan dapat pula tejadi akibat gangguan kehamilan seperti kehamilan ektopik, kehamilan anggur serta proses keguguran.

Mengenai hasil test pack dua garis yang salah satunya samar pada Anda, masih belum dapat dipastikan penyebabnya karena dapat bias terkait adanya riwayat kuret karena keguguran dan hubungan seksual yang telah kembali dilakukan secara aktif. Pada dasarnya pasca proses keguguran, test pack dapat masih memberikan hasil yang positif selama 4-6 minggu kedepan. Maka untuk memastikan penyebab dari hasil test pack positif pada Anda, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut khususnya USG untuk melihat keadaan rahim Anda secara langsung.

Adapun alternatif lainnya yaitu melakukan test pack kembali setelah 6 minggu pasca keguguran untuk meghindari bias dari pengaruh hormon kehamilan pasca keguguran serta mengamati ada atau tidaknya tanda-tanda awal kehamilan pada Anda. Sementara menunggu, ada baiknya untuk menggunakan kondom saat hendak berubungan. Keterangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi secara langsung pada dokter Kandungan Anda.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perdarahan postpartum berpotensi dialami semua wanita yang melahirkan

Normalkah Perdarahan Post Partum Selama Masa Nifas?

Perdarahan postpartum pada masa nifas dialami semua wanita melahirkan. Perdarahan ini disebabkan oleh meluruhnya dinding rahim, dan proses pemulihannya.